Workshop BNNK Langsa Bukan Sekedar Output Tapi Outcome Yang Ingin Di Gapai

Kota Langsa-Aceh.–

Badan Narkotika Nasional Kota Langsa gelar Workshop Pengembangan Kapasitas Masyarakat Anti Narkoba di lingkungan masyarakat dibuka langsung oleh Kepala BNN Kota Langsa, AKBP Basri, SH., MH., Workshop tersebut diikuti oleh 20 peserta dari 7 (tujuh) Gampong di wilayah Pemerintah Kota Langsa, bertempat di balai Pengajian Tarbiyatul Akhlaq Gampong Geudubang Jawa, Kecamatan Langsa Baro – Kota Langsa, Rabu, 23 September 2020. Kegiatan tersebut di isi oleh 4 Narasumber yaitu:

Kepala BNN Kota Langsa, AKBP Basri, SH., MH., tema: ” Narkotika dan permasalahannya “.,Dosen IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, Dr. Mawardi, MA., tema : ” Teknik komunikasi Efektif dan Public Speaking “.,Petugas Teknis bidang budidaya udang Vaname Dinas Pangan Pertanian kelautan dan perikanan Pemko Langsa, Miswar., tema : ” Budidaya udang Vaname Sistem Bioflok “.,Kasie P2M ( Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat ) BNN Kota Langsa, Cut Maria, S. Sos., tema : ” Strategi pencegahan penyalahgunaan Narkoba di lingkungan Masyarakat “.

Kasie P2M BNN Kota Langsa, Cut Maria, S. Sos., sebagai penanggung jawab kegiatan dalam laporannya menyampaikan bahwa
Hasil yang diharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan ini akan terjalin hubungan yang sinergis antara BNN Kota langsa dengan kelompok masyarakat terkait upaya pelaksanaan P4GN, sehingga kedepannya semua masyarakat kota langsa akan saling bahu membahu untuk perang melawan Narkoba. Dari 20 peserta di ajak untuk bisa menjadi perpanjang tangan BNN kota Langsa dengan cara menjadi Relawan atau Penggiat Anti Narkoba.Pada kegiatan worshop tersebut peserta di bekali materi P4GN dan cara komunikasi efektif serta Life Skill Budidaya ikan air tawar dan Budi daya Udang Vaname.

Diharapkan kepada peserta untuk mengikuti kegiatan workshop ini dgn serius dan penuh tanggu jawab, sehingga kembali ke gampong masing – masing mau dan mampu mentransfer semua yang di dapat dan di laksanakan di lingkungannya. Peserta mau dan mampu untuk mengajak komponen masyarakat lainnya untuk lebih mandiri baik dalam dunia kreativitas yang penuh inovatif dan kegiatan – kegiatan Penggiat anti Narkoba, kegiatan ini bukan sekedar Output ( jangka pendek ) yang kita mau, tapi Outcome lah yang ingin kita gapai atau pelaksanaan program jangka panjang . Pada kesempatan ini juga Para peserta diwajibkan mengikuti protokol kesehatan.

Kepala BNNK Langsa, AKBP H. Basri, SH., MH., dalam Sambutan dan Paparannya menyampaikan bahwa
Kegiatan ini merupakan event penting terkait upaya untuk lebih meningkatkan kesadaran, partisipasi dan kepedulian seluruh komponen masyarakat dalam rangka sinergitas pelaksanaan P4GN ( Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba ). semua mengakui bahwa penyalahgunaan dan Peredaran narkoba akan merusak masa depan sebuah bangsa, karena daya rusaknya yang sangat luar biasa. Narkoba merusak tatanan hidup manusia hampir semua kalangan dan lingkungan dan bisa membuat ketahanan negara hancur serta Kamtibmas di semua lingkungan amburadul, begitu juga dengan rusaknya ekonomi individual, keluarga dan bahkan rusaknya ekonomi suatu negara.
Pada kesempatan ini mengajak semua peserta untuk sadar menjauhi narkoba dan mau serta mampu menyampaikan kepada lingkungannya sehingga lingkungannya menjadi Bersinar ( Bersih Narkoba ).
β€œ Penyalahgunaan dan peredaran Narkoba bukanlah merupakan sumber income melainkan sumber kehancuran setiap Individual, keluarga, Gampong dan bahkan Negara “. Generasi penerus bangsa wajib kita selamatkan, kata kepala BNN kota Langsa.
Kita tidak perlu khawatir, Regulasi Republik Indonesia memberi peluang kepada kita sebagai masyarakat untuk berpartisipasi penuh dalam pelaksanaan P4GN, Sesuai Amanat UU No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika, Inpres No.2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional P4GN & Permendagri No.12 Tahun 2019 tentang Fasilitasi P4GN dan Qanun Pemerintah Aceh No.8 Tahun 2018 tentang Fasilitasi pelaksanaan P4GN dan Qanun Pemerintah Kota Langsa No.2 tahun 2019 tentang fasiltasi Pelaksanaa P4GN.

(Muhammad Anwar)

Tinggalkan Balasan