Wisatawan Membludak, Petugas Gabungan Kewalahan, Namun Tetap Terlihat Semangat

 

etabloidfbi.com – Kab.Sukabumi

 

Situasi saat setelah diberlakukannya penyekatan untuk Berwisata di Laut Pelabuhan Ratu ,hari ini, Minggu, 16/05/2021 , para Pelancong dari luar daerah yang akan berlibur dan berwisata di Pantai Pelabuhan Ratu dan sekitarnya diputarbalikan kembali dan tidak dapat memasuki lokasi Wisata .

Petugas Gabungan TNI,Polri , Satpol PP dan Dinas Perhubungan yang berada di Lokasi Penyekatan Pertigaan Gunung Butak atau tepatnya didepan Bunga Ayu Seaside Resort yang akan mengarah ke Wisata Pelabuhan Ratu dan sekitarnya memutarbalikan para Pengunjung yang akan memasuki area wisata.

etabloidfbi.com saat berada di lokasi yang sedang melaksanakan Peninjauan Arus Wisata di wilayah Sukabumi melihat langsung situasi dan kondisi yang terjadi.

Warga yang berasal dari luar daerah Pelabuhan Ratu atau bukan warga setempat sementara waktu tidak dapat memasuki area wisata untuk berkunjung dan berwisata namun bagi Warga setempat yang akan memasuki area Pantai Pelabuhan Ratu diarahkan memutar ke arah Jalan PDAM yang berada tidak jauh dari lokasi penyekatan.

“Kepada warga yang akan berlibur dan berwisata ke Pantai Pelabuhan Ratu saat ini tidak dapat dikunjungi berdasarkan SK Bupati . Bagi warga sekitar silahkan dapat menggunakan jalan alternatif PDAM dan bagi warga dari luar daerah bisa memutar balik “, jelas IPDA Aah disaat memberikan Informasi lewat Alat Pengeras Suara yang disiapkan oleh Polres Sukabumi di lokasi Penyekatan Gunung Butak kepada para pengendara kendaraan yang akan memasuki area penyekatan menuju jalan masuk Pantai Citepus Pelabuhan Ratu.

Seluruh personil gabungan Polri dan TNI yang berada di lokasi penyekatan disibukkan dengan membludaknya para pelancong dari luar kota yang akan berlibur ke Pantai Pelabuhan Ratu dan warga sekitar yang sedang melakukan aktifitas rutinnya sebagai pedagang, pegawai, pemilik usaha dan warga yang pulang pergi berbelanja.

” Kami mohon kepada bapak ibu yang akan Pantai Pelabuhan Ratu dan sekitarnya untuk sementara waktu ditutup oleh sebab itu Silahkan untuk kembali ke rumah masing-masing “, tegas Petugas melalui Pengeras Suara yang terpasang diatas Kendaraan milik Polres Sukabumi.

Selain itu, Petugaspun memeriksa Identitas berupa KTP para pengendara roda 2 ataupun roda 4 yang akan memasuki area wisata melewati Pos Penyekatan ini , bila KTP yang diperlihatkan berdomisili wilayah sekitar maka mereka diijinkan masuk melalui Pos Penyekatan tersebut.

Dengan dilarangnya Pendatang dari luar kota memasuki area Wisata Pantai Pelabuhan Ratu mengakibatkan sebagian dari mereka untuk mengelabui Petugas dengan menyewa seorang Joki sebagai Supir yang berdomisili di sekitar Pelabuhan Ratu sehingga disaat diperiksa KTP oleh Petugas, kendaraan yang membawa penumpang dari Luar daerah tersebut dapat lolos.

Namun apa yang dilakukan oleh Joki tersebut pun tercium petugas , disaat seorang pengendara memperlihatkan KTP dan SIM nya dan ketika petugas memeriksa penumpang yang ada didalamnya ternyata KTP nya berbeda dengan Pengendara / Supirnya dengan begitu, Petugas pun mengamankan kendaraan mereka sekaligus si Supirpun dan Pemilik Kendaraan dilakukan Pemeriksaan oleh Petugas di Lokasi Penyekatan .

Dari hasil pantauan etabloidfbi.com untuk pelaksanaan Penyekatan Operasi Ketupat Lodaya 2021 di Gunung Butak ,Pelabuhan Ratu ini Ribuan Warga yang sudah diputarbalikan kembali dan tidak diijinkan masuk ke Lokasi Pantai Pelabuhan Ratu dikarenakan merupakan warga dari luar daerah yang akan berlibur di Kawasan Wisata Pantai Pelabuhan Ratu.

Saat berita ini diturunkan , etabloidfbi.com belum mendapatkan jawaban dari Kapolres Sukabumi Kota terkait Operasi Ketupat Lodaya 2021 saat dimintai tanggapan lewat WhatsAppnya untuk kegiatan ini.

( Hendra Sofyan )

Tinggalkan Balasan