WALIKOTA SERIUS GALI POTENSI WISATA DI KOTA SUKABUMI

 

etabloidfbi.com – Kota Sukabumi

Walikota Sukabumi , Achmad Fahmi dalam setiap pidato dan arahannya kepada seluruh jajaran serta seringkali mengatakan dalam sebuah Forum ataupun Pertemuan Kepala Daerah untuk selalu berkolaborasi dan selalu mengingatkan untuk menggali Potensi Alam yang ada di wilayahnya.

Beberapa bulan Desember 2020 yang lalu , Walikota Sukabumi, pernah mengatakan terkait Potensi yang berada di wilayah harus digali dan ditumbuhkembangkan untuk Kemajuan Pembangunan di Kota Sukabumi .

“Dengan keterbatasan sumber daya alam yang ada, tetapi kita memiliki kelebihan, yaitu sumber daya manusia, mari kelemahan yang ada kita tutupi dengan kelebihan yang kita miliki. Bagaimana potensi di setiap daerah mampu ditumbuh kembangkan, bagaimana potensi yang ada di tiap wilayah mampu di explorasi, mampu kemudian dibangkitkan menjadi sebuah ciri khas keunikan masing-masing daerah. Ini lah yang kemudian kita sebut dengan KAMPUNG TEMATIK.” jelas Achmad Fahmi.

Keseriusan walikota dalam menggali potensi wisata yang ada dikota sukabumi ini dituangkan dalam sebuah program bernama KAMPUNG TEMATIK.

Program yang diluncurkan dibawah Dinas Pariwisata ini memiliki konsep Bibit-Tumbuh dan Mandiri ini diharapkan mampu membangkitkan potensi Desa Wisata baru yang ada disetiap wilayah dikota sukabumi. Program diawali dari pencarian Bibit(embrio) kawasan yang memiliki potensi Desa Wisata dan memiliki ciri khas serta keunikan yang menarik yang beda dari kawasan yang lainnya.

Setelah ditemukan Bibit-Bibit Kampung Tematik selanjutnya dilakukanlah perlombaan perencanaan Kampung tematik.

Pada perlombaan kali ini Kampung Wisata Edukasi di daerah Kecamatan Lembursitu Kelurahan Sindangsari berhasil meraih juara pertama. Disusul peringkat dua Kampung Katumbiri, Kecamatan Citamiang, dan juara tiga Kampung Wisata air Mandiri Cikeong, Kecamatan Baros. Selanjutnya, Juara Harapan Pertama Kampung Jahe Kecamatan Cikole, harapan dua kampung Koi Kecamatan Cibeureum, harapan tiga kampung Ijuk Kecamatan Gunungpuyuh, dan juara favorit Kampung Odeon Kecamatan Warudoyong.

Kampung Tematik Kreatif ini untuk mengangkat potensi wisata di wilayah supaya meningkatkan kesejahteraan warga.

” Kenapa perlu ada kampung tematik untuk menggali potensi di setiap kecamatan,” ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi

Tujuannya pertama di wilayah tersebut memilki daya tarik untuk mengundang wisatawan.

Misalnya ketika ingin melihat koi maka harus ke Kecamatan Cibeureum. Kedua jadi ruang terbuka kreativitas kalangan milenial dalam menumbuhkembangkan kreativitas anak muda.

Ketiga menghidupkan potensi ekonomi wilayah, di mana pada saat wilayah ditetapkan kampung wisata maka otomatis warga di sekitar akan hidup dari perekonomian baik jajanan dan oleh oleh serta potensi lain. Itulah sebabnya penetapan Kampung Tematik bukan sederhana karena melalui proses.

” Jangan hanya sebatas monumen setelah ditetapkan tidak ada lanjutan, akan tetapi dilakukan sosialisasi dan perbaikan sehingga tumbuh dan berkembang,” imbuhnya.

Harapannya dari tujuh Kampung Tematik dikenal warga dan bagaimana pemangku kepentingan termasuk generasi muda sosialisasikan kehebatan dan keunggulan Kampung Tematik melalui Sarana Media Sosial.

” Peran serta masyarakat terlibat sosialisasikan kampung tematik, mari sama-sama hidupkan dan aktivasi kampung tematik,” ucapnya

Nantinya Kampung tematik harus jadi bagian ikon Kota Sukabumi karena dikenal di wilayah lain dan harus ditumbuhkan.

” Semangat di 2020 mengenalkan Kampung Tematik dan 2021 harus dihebohkan di media sosial sehingga banyak yang tahu dan datang,” pungkasnya

( Hendra Sofyan )

Tinggalkan Balasan