Wabup Lebak-Banten Berdampingan Wamen ATR/BPN Serahkan Ribuan Sertifikat Tanah Ke Masyarakat Citorek

etabloidfbi.com Lebak, Banten.–

Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi bersama Wakil Menteri Agraria Dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Surya Tjandra menyerahkan ribuan sertifikat tanah milik warga Kasepuhan Desa Citorek Kecamatan Cibeber Kabupaten Lebak.

Sertifikat diserahkan sebanyak 2.475 sertifikat kepada masyarakat di 5 Desa Citorek yaitu Citorek Tengah, Citorek Timur, Citorek Barat, Citorek Kidul, dan Citorek Sabrang.

Penyerahan dilakukan secara simbolis dan juga virtual melalui Zoom Meeting di Kantor Desa Citorek Timur, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak Banten, Rabu (30/9/2020).

Wamen ATR/BPN mengatakan sertifkat yang telah diterima masyarakat citorek agar dijaga baik-baik dan diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Citorek Selain itu, lahan yang dimiliki oleh warga juga memiliki kekuatan hukum. Sertifikat yang diberikan oleh pemerintah itu harus dimanfaatkan sebaik mungkin, misalnya untuk jaminan dalam menambahkan modal usaha atau keperluan lainnya.

“Boleh disekolahlan untuk permodalan usaha, akan tetapi dihitung baik-baik jangan sampai nanti tidak lulus sekolahnya” Ungkap Wamen ATR/BPN

Wamen ATR/BPN juga berpesan agar masyarakat citorek bersama-sama mempertahankan serta menjaga lahannya dengan tidak mudah menjual tanahnya kepada orang lain khsusunya luar desa citorek guna menjaga eksistensi adat istiadat budaya kasepuhan desa citorek.

“Masyarakat Desa Citorek memiliki keistimewaan yakni kasepuhan dan Kami dari pemerintah pusat sangat peduli dengan adat istiadat lokal tersebut” Ungkap Wamen ATR/BPN

Sementara Wabup Lebak mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Kementrian ATR/BPN dan pemerintah pusat atas kepeduliannya kepada masyarakat khsusunya Kasepuhan Desa Citorek melalui penyerahan ribuan sertifikat tanah milik masyarakat Desa Citorek.

“Kami atas nama pemerintah daerah dan atas nama masyarakat mengucapkam terima kasih kepada kementrian dan pemerintah pusat atas program-program yang luar biasa dimana memudahkan masyarakat memiliki legalitas hukum berupa sertifikat tanah, dan itu yang dirasakan masyarakat saat ini” Ujar Wabup Lebak.

Selain penyerahan langsung secara simbolis, penyerahan juga dilakukan secara virtual mslalui aplikasi zoom meeting dengan 4 desa lainnya di citorek, ini terkait protokol kesehatan Covid-19 guna menjaga sosial distancing pada kerumunan masa.(Mujahidin)

Tinggalkan Balasan