Upaya Percepatan Penangan Covid-19, Lantamal XII Pontianak Laksanakan Latihan Operasional Fast Lab Polymerase Chain Reaction (PCR) Mobile.

 

etabloidfbi.com Pontianak-

Untuk meningkatkan profesionalisme dan kesiapsiagaan personel Dinas Kesehatan Lantamal XII Pontianak agar mampu mengawaki operasional peralatan khusus mobil Fasilitas Laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR), Komandan Lantamal XII membuka secara resmi Pelatihan Pengawak Kendaraan Khusus tersebut di gedung Malahayati Mako Lantamal XII, Jumat (30/7/2021).

Komandan Lantamal XII Pontianak Brigjend TNI Marinir Andi Rukman pada amanatnya menyampaikan bahwa, “Pelatihan yang kita laksanakan kali ini adalah untuk membentuk profesionalisme personel Dinas Kesehatan Lantamal XII agar cakap dalam mengawaki peralatan yang disiapkan untuk operasional penanganan Covid-19”.

Danlantamal menambahkan bahwa, “Fasilitas mobil PCR ini merupakan bantuan yang diterima Lantamal XII dari Kemrnterian Pertahanan RI melalui Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) dalam hal ini Dinas Fasilitas Pangkalan TNI Angkatan Laut (Disfaslanal) Mabesal, guna mendukung program Pemerintah dalam percepatan penanggulangan pandemi Covid-19”.

Fasilitas mobil PCR tersebut sangat bermanfaat untuk operasional penanganan Covid-19 di wilayah kerja Lantamal XII, berperan aktif membantu pemerintah daerah melakukan penerapan Tracing dan PPKM di tengah masyarakat, mengerahkan dan menempatkan personel membantu penanggulangan Covid 19 di Kalimantan Barat.

Dengan adanya fasilitas mobil PCR ini dapat membantu langkah percepatan layanan laboratorium tes swab PCR prajurit TNI AL beserta keluarga dan masyarakat sehingga dapat membatu memutus penularan Covid 19. Bila dibutuhkan juga dapat melayani masyarakat yang memerlukan. Mobil PCR ini dapat bergerak ke berbagai lokasi kapan pun diperlukan, dengan hasil pemeriksaan yang cepat.

Pelatihan Fasilitas kendaraan khusus mobil PCR ini di ikuti oleh 25 orang tenaga kesehatan jajaran Lantamal XII Pontianak dan personel non kesehatan yang ditunjuk.

Pada kesempatan yang sama Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman bersama sama dengan Kepala dinas kesehatan Prov. Kalbar Bpk Horison, dr Feery Sapariadi dari Kabid Yankes Diskes Prov. Kalbar, bapak Bambang Triyono Atap staf Admin, pak kukuh dan Mbak gina dan Lapkesda dari Diskes Prov. Kalbar dan dr. Handanu dari Dinkes Kota Pontianak melaksanakan pengecekan dan perijinan terhadap Lab PCR Mobille sebagai tindak lanjut sebagai jejaring pemeriksaan Covid-19 yang berada tempat pelatihan.

Acara pembukaan pelatihan dihadiri oleh Wadan Lantamal XII Kolonel Laut (P) Suhendro, para pejabat utama, para kepala dinas dan para kasatker Lantamal XII.( M.zihdi / sy Mohsin )

Tinggalkan Balasan