UPACARA VIRTUAL HUT KE – 59 KORPS WANITA ANGKATAN LAUT DIIKUTI KOWAL LANTAMAL XII SERTA SYUKURAN DI MAKO LANTAMAL WAJOK.

etabloidfbi.com, Pontianak.-

Komandan Lantamal XII, Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman, bersama seluruh prajurit Korps Wanita Angkatan Laut (KOWAL) Lantamal XII Pontianak, Rabu (05/01/2022), bertempat di Operational Room Mako Lantamal XII Jl. Wajok Hilir KM 17, Mempawah, Kalimantan Barat, mengikuti Upacara Peringatan HUT KOWAL ke – 59 tanggal 5 Januari 2022 secara Virtual yang dilaksanakan di Markas Besar Angkatan Laut Cilangkap. Adapun tema Hut Kowal tahun 2021 ini yaitu “BERSEMANGAT, TANGGUH, WUJUDKAN INDONESIA TUMBUH, INDONESIA TANGGUH”.

Komandan Pangkalan Utama TNI AL XII Brigjen TNI Marinir Andi Rukman menyampaikan ucapan “Dirgahayu bagi Korps Wanita Angkatan Laut ke 59 Tahun 2021, kiranya Korps Wanita Angkatan Laut terus Berbakti kepada Keluarga, Berprestasi untuk negeri serta beliau berharap dan berdo’a agar Korps Wanita Angkatan Laut semakin profesional dalam mengemban tugas yang dibebankan bangsa dan negara, khususnya TNI Angkatan Laut, dengan tidak melupakan sebagai kodratnya sebagai wanita yang harus mengabdi kepada keluarga. “ Demikian ungkap Danlantamal XII”.

 

Acara Syukuran didahului dengan pemutaran Filler Kowal tentang sejarah terbentuknya Korps Wanita Angkatan Laut serta Filer kegiatan Kowal Lantamal XII. Kemudian sambutan Pater Kowal serta Pembacaan amanat Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono sebagai Ibu Catra Ratnanggadi Jalakanyasena terhadap Korps Wanita TNI AL (Kowal) yang dalam hal ini dibacakan oleh Ketua Korcab XII DJA I, Ibu Noni Andi Rukman .

Dalam amanatnya Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono menyampaikan beberapa hal yang perlu diketahui dan diterapkan oleh para Kowal. Baik dalam kecerdasan maupun kehidupan sehari-hari terkait dengan identitas, etika dan jati diri sebagai prajurit wanita TNI Angkatan Laut. Sebagai prajurit wanita hendaknya para Kowal mampu menempatkan diri kapan harus bersikap sebagai prajurit dan kapan harus bersikap sebagai wanita atau ibu rumah tangga. Sebagai seorang prajurit wanita kuat harus tangguh berwawasan luas dan tidak gampang menyerah dalam penugasan.

Jadilah mitra yang sejajar dengan Prajurit pria, hak dan kewajiban seorang Prajurit wanita dan Prajurit pria itu sama disesuaikan dengan strata kepangkatan masing-masing. Gender equality (kesetaraan gender) jangan salah kaprah dalam mengartikan kesetaraan gender berasumsi dan menuntut bahwa lebih berhak untuk menduduki suatu jabatan atau penugasan asalkan memang mempunyai kemampuan dan kualitas yang mumpuni, “Demikian Pungkas Ny. Vero Yudo Margono, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Ketua Korcab XII DJA I..

Pejabat Utama Lantamal XII yang hadir antara lain Wadan Lantamal XII Kolonel Laut (P) Suhendro S.AP., M.Si (Han), beserta para Asisten Danlantamal XII, Dansatrol Lantamal XII, Kadis dan Kasatker jajaran Lantamal XII serta Ketua Umum Jalasenastri Korcab XII DJA I Ibu Noni Andi Rukman, dan pengurus Jalasenastri Korcab XII DJA I, beserta seluruh Kowal Lantamal XII.
(Sy Mohsin)

Tinggalkan Balasan