TNI AL LANTAMAL XII LAKSANAKAN KHITANAN MASAL GUNA WUJUDKAN KESEHATAN MASYARAKAT KALIMANTAN BARAT

etabloidfbi.com Pontianak:

Dalam rangka Hari Kesehatan Angkatan Laut yang jatuh hari ini tanggal 9 Oktober 2021, Komandan Lantamal XII Brigjend TNI (Marinir) Andi Rukman memerintahkan Kadiskes Lantamal XII Letkol Laut (K) dr. Heru Subagyo, Sp. Pros., untuk mengelar Khitanan Masal terhadap masyarakat yang ada di sekitar Mako Lantamal XII Wajok Mempawah Kalimantan Barat. Sabtu (09/10/2021)

Kegiatan Khitanan Masal ini, dilakukan serentak di seluruh Faskes TNI AL di Indonesia dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Angkatan Laut Tahun 2021 yang mengambil tema “Dengan Semangat Harkesal, TNI AL Siap Mewujudkan Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”, dan disaksikan langsung oleh Kadiskesal melalui Vicon. Hal ini sesuai perintah dari Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono.S.E.,M.M., melalui Kepala Dinas Kesehatan TNI Angkatan Laut.

Komandan Lantamal XII disela-sela aktifitasnya menyampaikan bahwa hendaknya Keberadaan TNI AL Lantamal XII di Wajok Mempawah dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitarnya, dapat memberikan jaminan keamanan serta solusi disaat masyarakat mengalami permasalahan. Menindaklanjuti hal tersebut kemudian Lantamal XII, dalam hal ini Dinas Kesehatan Lantamal XII menggelar Khitanan Masal, bertujuan untuk membantu meringankan beban masyarakat maritim yang ada di sekitar Mako Lantamal XII Wajok. “Demikian tegas Danlantamal XII, Brigjend TNI (Marinir) Andi Rukman.

Kepala Dinas Kesehatan Lantamal XII, Letkol Laut (K) dr. Heru Subagyo Sp. Pros., menyampaikan bahwa Khitanan masal ini Gratis, sehingga bagi masyarakat yang memiliki anak dan belum dikhitan untuk ikut hadir dalam kegiatan ini. Jangan lewatkan kesempatan yang baik ini, karena khitanan memiliki beberapa manfaat Kesehatan antara lain melindungi pria dari berbagai penyakit menular yang mematikan, mencegah penyakit serta terjadinya infeksi, mengurangi resiko Inflamasi dan menurunkan risiko kanker serviks, Demikian ujar Kadiskes Lantamal XII.

Beberapa orang masyarakat saat disambangi, merasa bersyukur karena meskipun dalam suasana pandemi Covid 19, TNI AL Lantamal XII melaksanakan kegiatan khitanan masal ini. Sejumlah 100 anak yang mengikuti khitanan masal kali ini, yaitu 70 orang di Mako Lantamal XII Wajok dan 30 orang anak di Lanal Ketapang. Walaupun dalam pelaksanaannya terdengar suara tangisan dan rintihan, namun anak-anak tersebut dengan penuh semangat menunggu gilirannya untuk dikhitan.

Adapun pejabat yang hadir dalam Khitanan Masal ini antara lain : Pejabat Utama Lantamal XII, Wadan Lantamal XII, Kolonel Laut (P) Suhendro, S.A.P., M.Si., Para Asisten Danlantamal, Dansatrol Lantamal XII, Kadis dan Kasatker serta Danyonmarhanlan XII, Jaguar Khatulistiwa Mempawah, serta pengurus Jalasenastri Korcab XII DJA I.

Dalam pelaksanaan Khitanan Masal ini, tetap menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat, dengan menerapkan 5M, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan atau menghindari kerumunan serta megurangi mobilitas bila tidak ada keperluan yang mendesak, diharapkan dapat meminimalisir penyebaran Covid-19.,( M.zuhdi )

Tinggalkan Balasan