Tenaga Kesehatan Wajok Hulu, Lakukan Vaksinasi di Pantau Langsung Kapolsek Siantan

 

Etabloidfbi.com, Mempawah.-

Proses vaksinasi terhadap tenaga kesehatan (nakes) terus berlangsung di 14 puskesmas di Kabupaten Mempawah.

Di Puskesmas Rawat Jalan Wajok Hulu, Kecamatan Jongkat, Kamis (21/1/2021), sebanyak empat dari 29 nakes telah menjalani penyuntikan tahap pertama vaksin Covid-19 Sinovac.

“Ya, hari ini saya memonitoring langsung penyuntikan tahap pertama vaksin Sinovac terhadap empat nakes di Puskesmas Rawat Inap Wajok Hulu. Proses vaksinasi berlangsung lancar tanpa kendala,” ujar Kapolsek Siantan, Iptu Rahmad Kartono, ketika dihubungi etabloidfbi.com.

Menurut Rahmad Kartono, jumlah tenaga kesehatan di Puskesmas Rawat Jalan Wajok Hulu sebanyak 29 orang. Namun hanya 25 yang menjalani imunisasi. Sedangkan empat orang tidak divaksin, karena sebelumnya telah dinyatakan sembuh karena terkonfirmasi positif beberapa waktu lalu.

Kapolsek lantas merunut proses pendaftaran yang harus ditempuh bagi tenaga kesehatan untuk mendapat vaksinasi. Yakni, terlebih dahulu mendaftarkan diri secara online melalui link bit.ly/vaksinCovidRI.

Kemudian, setelah pendaftaran, akan mendapat konfirmasi via SMS dari PeduliLIndungi.id, dengan alur tahapan vaksinasi terdiri atas Meja I – Pcare Pendaftaran, Meja II – Pcare Skrining, dengan 16 item pertanyaan untuk menentukan pasien layak atau tidak layak disuntik vaksin.

“Selanjutnya, di Meja III adalah Pcare Vaksinasi dan Meja IV – Pcare Observasi, yakni masa menunggu sekian menit pasca-seorang nakes menjalani vaksinasi, sebagai tahapan memantau dampak yang mungkin saja terjadi,” jelas Kapolsek lagi.

Setelah proses vaksinasi pertama, Rahmad Kartono memaparkan, selanjutnya para nakes akan menjalani vaksinasi tahap II, waktunya 14 hari usai penyuntikan pertama.

“Hingga berakhirnya penyuntikan tahap pertama, para nakes tampak segar dan prima. Namun kita tetap menempatkan personel untuk melakukan pengamanan,” imbuhnya.

Saat monitoring vaksinasi, Kapolsek mengatakan, dirinya didampingi Kepala Puskesmas Rawat Jalan Wajok Hulu, Muginarsih.

Penulis :Sy Mohsin

Tinggalkan Balasan