Sungai Kintap Banjir Lagi, Dan Merendam Enam Desa Di Kecamatan Setempat

etabloidfbi.com PELAIHARI KALSEL.–

Banjir akibat meluapnya Sungai Kintap, hingga merendam enam desa di kecamatan setempat, selain ratusan rumah, juga  ribuan jiwa yang terdampak.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah Tala, Jumat (4/9) siang, desa yang terendam Kintapura,  Kintap, Kintap Kecil, Salaman, Riam Adungan dan Desa Pasir Putih, Total rumah yang terendam 783 rumah dengan 2.589 jiwa.
Desa Kintapura menjadi desa terparah. 362 rumah yang dihuni 400 kepala keluarga atau 1137 jiwa, terendam.

Banjir yang menggenangi enam desa tersebut akibat curah hujan yang tinggi selama 2 hari, menurut Kepala Pelaksana BPBD Tala, M Kusri, tim gabung BPBD Tala, TNI-Polri dan relawan, menyisir lokasi untuk mengevakuasi warga yang rumahnya tergenang sampai satu meter.
“Selain menyisir lokasi-lokasi pemukiman yang cukup parah, bantuan sembako juga disalurkan ke warga yang bertahan di rumah masing-masing,” jelasnya, Jumat (4/9).

Sebagian besar warga yang rumahnya diterjang banjir, memilih bertahan di rumah masing-masing. Sedang sebagian lainnya, mengungsi ke tempat kerabat atau posko yang disediakan.

Sementara di Kecamatan Jorong, meski diguyur hulan sepanjang dua hari, curah hujan yang turun tidak begitu tinggi. Sehingga luput dari terjangan banjir. Air hanya menggenangi sawah dan kebun karet yang ada di kiri dan kanan ruas jalan Trans-Kalimantan.

(Riduansyah)

Tinggalkan Balasan