Stok Vaksin Di Nunukan Kosong, Beberapa Hari Mendatang Dari Kemenkes Tiba Secara Bertahap.

 

etabloidfbi.com Nunukan-

 

Stok Vaksin di Instalasi farmasi Kesehatan (IFK) Kabupaten Nunukan telah kosong sejak minggu lalu, baik Jatah Dinkes maupun TNI-Polri telah disalurkan dan telah disuntikkan untuk 18.392 warga telah di vaksin tahap pertama dan 7.048 telah divaksin tahap kedua.

Dan Bupati Nunukan Hj.Asmin Laura Hafid,Ph.D pada tanggal 12 Juli 2021 telah berkirim Surat permohonan vaksin Covid-19 kepada Menteri Kesehatan u.p.Plt Dirjen Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) dan ditembuskan kepada Gubernur Kalimantan Utara dan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Utara yang sampai saat ini masih dinantikan ketibaannya.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Nunukan, Aris Suyono, mengatakan,” Jatah dari Kemenkes RI yang disalurkan melalui Pemprov Kalimantan Utara jumlahnya sebanyak 5.730 vial telah distribusikan untuk tenaga kesehatan (Nakes) sebanyak 3.640 vial dosis tunggal dan sebanyak 2.090 vial 10 dosis juga telah divaksin kepada warga lansia serta warga lainnya,” Ujar Aris saat ditemui di kantornya Dinkes Kabupaten Nunukan, Senin (02/08/2021).

Vaksinasi yang telah di lakukan Dinkes Kabupaten Nunukan bersama TNI-Polri bagi Tenaga Kesehatan, lansia dan warga lainnya yang sudah divaksin baru sebanyak 18.392 tahap kesatu dan 7.048 yang di vaksin tahap kedua. Jumlah ini masih jauh dari jumlah warga Kabupaten Nunukan yang berjumlah 187.886 jiwa.

“Menurut Aris, saat rapat dengan Bupati Nunukan bersama Satgas Covid-19 Kabupaten Nunukan tanggal 26 Juli lalu, memang masih ada beberapa Puskesmas yang belum menghabiskan vaksin yang diterimanya dan disiapkan untuk vaksin dosis tahap kedua, namun setelah Ibu Bupati menyampaikan untuk menghabiskannya, hingga beberapa hari lalu stok tersebut sudah dihabiskan semua,”ungkapnya.

“Mudah-mudahan vaksin kiriman dari Kemenkes RI melalui Pemprov Kaltara bisa segera tiba dan kita akan menyelesaikan warga yang sudah menunggu vaksin tahap keduanya, termasuk vaksinasi bagi warga lainnya jika kiriman vaksin lebih banyak,” harap Aris.

Aris juga berharap, agar seluruh warga masyarakat terus menerapkan protokol kesehatan, karena sampai saat ini, penyebaran virus corona ini masih terus meningkat. Data Kemarin, Minggu (01/08/2021) hingga pukul 13.00 Wita, ada penambahan jumlah yang terkonfirmasi positif bertambah 100 orang dan yang sembuh sebanyak 64 orang serta yang meninggal dunia ada 2 orang. Sementara yang menjalani Isolasi mandiri (Isoman) sebanyak 1.250 orang dan Isolasi di RSUD Nunukan sebanyak 28 orang,’’ ujarnya.

Sementara Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Kaltara Agust Suwandy yang dihubungi, senin sore tadi (02/08/2021),”mengatakan,” Insya Allah besok, selasa (03/08) akan masuk vaksin ke Kalimantan Utara dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI,” ujar Agus.

“Vaksin yang akan tiba besok untuk alokasi Dinas Kesehatan, TNI-Polri serta vaksinasi ke-3 untuk Tenaga Kesehatan (Nakes). Vaksin tersebut terutama untuk menyelesaikan vaksinasi dosis 2 bagi warga yang sudah sampai jadwal vaksin tahap keduanya.” Ungkap Agust.

Jika besok vaksin itu telah tiba, Pihak Dinkes Provinsi Kaltara, rencananya akan mengirimkan ke masing-masing Kabupaten Kota pada hari rabu.

Menurut Agust, secara jumlah, yang akan dikirimkan Kemenkes RI memang belum sesuai kebutuhan, tetapi mungkin akan dikirimkan secara bertahap. Tentunya Pihak Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara tetap bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Kota se-Kaltara dan terus melakukan koordinasi intens dengan Kemenkes RI.

Harapan kita pengiriman dari Jakarta bisa terus berlanjut secara kontinyu dan jumlahnya bisa lebih banyak lagi, agar capaian warga yang akan divaksin bisa meluas dan lebih banyak lagi,” harap Agust.

Syafaruddin/Biro Nunukan.

Tinggalkan Balasan