Sosialisasi Proyek Nasional ( Pro Pn) Bagi Para Pengelola Percepatan Stunting dan Promosi 1000 HPK oleh DPPKB Kab. Sukabumi

Kota Sukabumi 08/10 TFBI.–

DPPKB Kab. Sukabumi
melaksanakan kegiatan Sosialisasi bagi Pegawai di Jajaran DPPKB dan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kab. Sukabumi.

Pembukaan pada acara ini di lakukan oleh Kepala Dinas DPPKB, Nasihuddin dan hadir juga perwakilan dari DPPKB Provinsi dan dari IPB , sebagai Nara Sumber, Dr. Tin Herawati, SP.,M.Si., dari Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor 2019.

Angka Stunting yang ada di Indonesia sudah menjadi Isu Nasional , oleh sebab itu baik Presiden, Gubernur, Bupati dan Aparatur Pemerintahan di Wilayah segera melakukan tindakan untuk melakukan Penanganan Kasus Stunting ini agar dapat di atasi dan tangani secara serius.

Stunting adalah kegagalan pertumbuhan akibat akumulasi ketidakcukupan zat gizi yang berlangsung lama dari kehamilan sampai usia 24 bulan. Maka , kondisi ini bisa mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak secara keseluruhan.

Dampak jangka pendek stunting adalah terganggunya perkembangan otak, kecerdasan, gangguan pada pertumbuhan fisiknya, serta gangguan metabolisme pada tubuh anak. Dampak jangka panjangnya, stunting yang tidak ditangani dengan baik sedini mungkin akan menurunkan kemampuan Kognitif Otak, kekebalan tubuh lemah sehingga mudah sakit, dan risiko tinggi munculnya penyakit metabolik seperti kegemukan, penyakit jantung, dan penyakit pembuluh darah.

Dalam Kesempatan ini etabloidfbi.com menemui Kasi Bina Ketahanan Keluarga, Balita, Anak Remaja dan Lansia DPPKB Kab. Sukabumi, Unang Suhendi dan beliau mengatakan bahwa Sukabumi adalah merupakan Peringkat Ke 2 Jumlah Stunting di Jawa Barat setelah Bogor.

” Kita peringkat Ke 2 setelah Bogor mengenai Angka Stunting di Jawa Barat, oleh sebab itu Bupati sudah mengeluarkan Regulasi untuk Penanganan Penurunan Stunting ini. Oleh sebab itu kita DPPKB Kab. Sukabumi bersama DPPKB Provinsi melakukan Sosialisasi dan Promosi 1000 HPK, dengan tujuan untuk melakukan Teknis – teknis dan Aksi-aksi dalam mempercepat mengurangi angka Stunting tersebut”, Ujar Unang Suhendi kepada Awak Media.

Dengan melakukan Sosialisasi ini , DPPKB segera dapat mengurangi Angka Stunting di Kab. Sukabumi dan dapat segera mengatasi Permasalahan Ini, agar dimasa yang akan datang Anak-anak di negeri ini bisa menjadi Generasi yang tidak Lost Generation tapi menjadi Generasi yang bisa di harapkan.

Demi mengurangi Angka Stunting tersebut perlulah kiranya Aparatur Pemerintah dan Masyarakat melakukan Pencegahan bersama -sama dan melakukan Percepatan Penurunan Angka Stunting tersebut untuk di wilayah nya.

( Hendra Sofyan)

Tinggalkan Balasan