Sosialisasi Mekanisme Hibah dan Manset Bimtek Aplikasi Sakti kepada Pejabat DIPA Satker Lantamal XII Tahun 2022.

Etabloidgbi.com, Pontianak.-

Komandan Lantamal XII Laksamana Pertama TNI Suharto bertempat di Gedung Serrbaguna Malayahati Mako Satrol Lantamal XII Jl. Komyos Sudarso No 1 Jeruju Kota Pontianak, Jumat (25/03/2022) 2022 pukul 07.30 s.d. 11.30 WIB membuka secara resmi pelaksanaan kegiatan Sosialisasi Mekanisme Hibah dan Manset Bimtek Aplikasi Sakti kepada seluruh pejabat perbendaharaan DIPA Daerah Satker Lantamal XII Pontianak Tahun 2022.

Komandan Lantamal XII, Laksamana Pertama TNI Suharto dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka bagaimana setiap prajurit TNI AL mampu dan bisa mengelola keuangan negara hingga diharapkan dalam pengelolaan baik Aset negara maupun keuangan negara dapat terealisasi sebagaimana mestinya.

Lanjut Komandan Lantamal XII, berpesan kepada seluruh peserta sosialisasi Mekanisme Hibah dan Manset Bimtek Aplikasi Sakti ini untuk dapat mengerti dan memahami dengan baik sehingga diharapkan kedepan dalam proses pengelolaan keuangan negara, Lantamal XII semakin baik.

Sementara itu penyampaian materi oleh Kanwil DJPB (Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementrian Keuangan), Kalbar Bapak Dirgohayu Widodo, bahwa Administasi Pengelolaan Hibah Langung, berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 99/PMK.05/2017 tentang Administasi Pengelolaan Hibah. Sementara Hibah adalah setiap penerimaan negara bentuk devisa yang dirupiahkan barang atau jsa atau surat berharga yang diperoleh dari pemberi hibah yang tidak perlu dibayar kembali, yang berasal dari dalam atau luar negeri. Berdasarkan prinsip Transparan, Akuntable efektif dan efisien, Ke hati hatian, tidak disertai ikatan politik.

Sedangkan Pemateri dari Kanwil DJKN Kalbar Bapak Pramudya, menjelaskan tentang pemanfaatan Barang Milik Negara, dan siklus pengelolaaan BMN meliputi Asas Fungsional, Asas Kepastian Hukum, Asas Transparan/Keterbukaan, Asas Efisiensi, Asas Akuntabilitas, Asas Kepastian Nilai. Apabila barang BMN sudah tidak bisa digunakan bila dilakukan pelelangan namun apabila kondisi tidak bisa digunakan bila dilaksanakan Pemusnahan.

Selain itu juga menyampaikan teknis pemanfaatan asset, meliputi sewa dengan uang tunai, Pinjaman, KSP (Kerja Sama Pemanfaatan), Kerjasama Penyedia Infrastruktur, Kerjasama terbatas untuk pembiayaan infrastruktur.

Kemudian penyampaian Aplikasi SAKTI Kemenkeu oleh KPPN Pontianak Bapak Taluda Rivaldy, kepada personel Lantamal XII yang bertanggungjawab sebagai PPK.

Hadir dalam kegiatan ini antara lain Wadan Lantamal XII, Kolonel Marinir Sugiyanto, S.T.,M.M., Asrena Danlantamal XII, Kolonel Laut (S) Agung Widodo, S.E., M.Tr.Hanla., PgS. Asops Danlantamal XII, Mayor Laut (P) Rivan., Aslog Danlantamal XII, Kolonel Laut (P) Selamet Imam Suroto, CTMP., Aspers Danlantamal XII, Kolonel Laut (KH) Nur Legawa Handaka W, S.P., Kakuwil Lantamal XII, Kolonel Laut (S) Argen Buana C Altaran, S.H., Dansatrol Lantamal XII, Kolonel Laut (P) Kariady Bangun, S.E., M.Tr.Hanla., M.M., serta para Kadis Kasatker Lantamal XII dan pejabat PPK.(M.Zuhdi)

Tinggalkan Balasan