SMAN 4 KOTA SUKABUMI SIAP MENDUKUNG PROGRAM PPDB BERBASIS ZONASI

TFBI,  27/06, Kota Sukabumi

PPDB Zonasi merupakan sebuah upaya pemerintah dalam meningkatkan layanan pendidikan dengan mengusung prinsip prinsip non diskriminatif, objektif, transparan, akuntabel dan berkeadilan. 

Pemerintah Provinsi Jawa Barat berharap dengan penerapan PPDB Zonasi ini seluruh sekolah mendapatkan kesempatan sama dalam hal menerima siswa dengan kompetensi yang beragam.

Disdik Provinsi Jawa Barat yang berwenang dalam pengelolaan tingkat SMA, SMK dan SLB telah mengantisipasi hal tersebut dengan adanya jalur zonasi kombinasi yang memberikan ruang kepada siswa memiliki nilai UN yang tinggi dengan porsi 15% dan ditambah dengan jalur prestasi UN 2,5%. Jadi Pemda Provinsi Jawa Barat memberikan kebijakan untuk tidak mengadaptasi surat edaran Kemendikbud tersebut.

“Bagaimana  menurut pandangan Bapak secara umum mengenai proses pendaftaran PPDB sekarang ini dengan system yang berlaku saat ini? ” etabloidfbi.com menanyakan mengenai proses pendaftaran kepada Kepala Sekolah SMAN 4 Kota Sukabumi,  Rachmat Mulyana,S.Pd., M. Hum. 

“Secara umum proses pendaftaran PPDB SMA SMK di Kota Sukabumi berjalan dengan baik, hal ini tentunya tidak terlepas dari sosialisasi yang dilaksanakan secara masif kepada masyarakat,  baik oleh Kantor Cabang Dinas maupun MKKS SMA, SMK dan SMP. Yang masih menjadi harapan masyarakat adalah tersebarnya sekolah di seluruh kecamatan, sehingga tidak ada calon siswa yang dirugikan karena di lokasi tempat tinggalnya tidak ada sekolah yang dekat. Pemerintah tentunya akan memprioritaskan pemenuhan sarana dan prasarana ini pada program pemerintah ke depannya”. Jawab Rachmat Mulyana,  S.Pd., M. Hum.

Dan beliau pun menjelaskan kepada etabloidfbi.com.

“Sekarang ini masyarakat masih memfavoritkan beberapa sekolah yang menjadi tujuan daftarnya, padahal jaraknya relatif jauh, sehingga kemungkinan diterima nya sangat kecil, sedangkan sekolah yang dekat dengan lokasi tempat tinggal masih sedikit pendaftar. Hal ini yang akan menimbulkan daya serap beberapa sekolah menjadi turun karena masih adanya trend tersebut”. 

Pada dasarnya keberhasilan PPDB Zonasi ini tentunya ada di seluruh komponen masyarakat yang harus memiliki kesadaran untuk memberikan pemahaman kepada orang tua dan calon siswa bahwa keberhasilan seseorang tidak tergantung di mana dia sekolah, tetapi dirinya sendirilah yang akan melahirkan keberhasilan itu. 

Mudah mudahan seiring perjalanan penerapan zonasi yang menginjak tahun yang ketiga, menjadi sebuah proses perubahan ke arah yang lebih baik dalam pengelolaan dunia pendidikan.

( Hendra Sofyan ) 

Tinggalkan Balasan