SETETES DARAH MU BERGUNA BAGI KAMI, AKSI DONOR DARAH YANG DILAKSANAKAN LANTAMAL XII MENDAPAT APRESIASI YANG POSITIF DARI MASYARAKAT KALIMANTAN BARAT.

etabloidfbi.com, Pontianak.-

Dalam Rangka menyonsong Hari jadi Tentara Nasional Indonesia ke 76, tanggal 5 Oktober 2021, Komandan Lantamal XII, Brigjen TNI Andi Rukman memerintahkan Kadiskes Lantamal XII Letkol Laut Laut (K) dr. Heru Subagyo, Sp.Pros, Kamis (23/09/2021), untuk menggelar aksi Donor Darah yang dilaksanakan di Mako Pangkalan Utama TNI AL XII Pontianak, Jl. Komyos Sudarso No. 1 Jeruju Kota Pontianak Kalimantan Barat.

Aksi Donor darah ini, Lantamal XII bekerjasama dengan Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pontianak yang diikuti oleh Unsur TNI/Polri dan elemen masyarakat yaitu Prajurit dan PNS Lantamal XII, Prajurit Yonmarhanlan XII, dan Pengurus Korcab XII DJA I, serta perwakilan dari ibu Persit Kartika Candra Kirana Kodam XII/Tpr, Ibu Pia Ardhya Garini Lanud Supadio, Ibu Bayangkari. Selain itu perwakilan dari Satpolairud Polda Kalbar, Satpol PP Kota Pontianak, Dinas Kelautan dan Perikanan Prov, Kalbar, Pelindo, Ikatan Keluarga Bugis Kalimantan (IKBK), siswa Sekolah Umum Perikanan Menengah, dan Pramuka Saka Bahari.

Pelaksanaan aksi donor darah ini berdasarkan perintah Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono,SE,MM yang secara serentak juga diikuti oleh jajaran TNI AL di seluruh wilayah Indonesia. Donor darah ini dalam rangka mendukung program pemerintah dalam hal ini sesuai Telegram KASAL tentang bagaimana kita turut mendukung penyediaan donor darah.

PMI Kota Pontianak melalui Unit Donor Darah menyampaikan ucapan terima kasih atas kegiatan yang dilakukan TNI AL. β€œHal ini karena Darah merupakan hal yang sangat vital bagi tubuh manusia, dan Darah tidak dapat tergantikan dengan yang lain.

Komandan Lantamal (Danlantamal) XII Pontianak Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman bersama Pejabat Utama Lantamal XII Pontianak meninjau langsung pelaksanaan aksi donor darah dimana sasaranya kepada masyarakat umum dan keluarga besar TNI/Polri di wilayah Kota Pontianak. Dalam kesempatan tersebut menyampaikan akan pentingnya berdonor darah guna meningkatkan produksi sel darah merah.

“Ketika donor darah, sel darah akan berkurang. Namun, sumsum tulang belakang akan segera memproduksi sel darah merah baru untuk menggantikan yang hilang,” Demikian tegas Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman.

Danlantamal XII juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pendonor yang telah mendonorkan darahnya. “Terima kasih kepada semua pendonor yang telah mendonorkan darahnya. Aksi ini merupakan wujud bakti amal para prajurit TNI AL di jajaran Lantamal XII Pontianak,” ujarnya.

Pelaksanaannya Donor Darah ini terkumpul sebanyak 82 Kantong. Dalam pelaksanaannya tetap berpedoman pada protokol kesehatan dengan menerapkan protokol Covid-19, memakai masker, dengan mengukur suhu tubuh setiap pendonor, dan menyiapkan hand sanitizer serta tetap menjaga jarak.(Bujang)

Tinggalkan Balasan