RAKOR PERSIAPAN PENERAPAN NEW NORMAL DAN EVALUASI PENANGANAN COVID 19 PROVINSI KALBAR

etabloidfbi.com Pontianak.–

Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut XII (Danlantamal XII) Laksamana Pertama (Laksma) TNI Agus Hariadi di damping oleh Aslog (Asisten Logistik) Danlantamal XII Kolonel Laut (T) Mokhamad Subur, S.T dan Aspotmar (Asisten Potensi Maritim) Danlantamal XII Kolonel Marinir Agustiawarman, S.H., menghadiri Rakor (Rapat Koordinasi) Persiapan Penerapan New Normal dan Evaluasi Penanganan Covid 19 Provinsi Kalbar bertempat di Pandopo Gubernur Kalimantan Barat Jln. Jenderal Ahmad Yani Kel. Benua Melayu Darat Kec. Pontianak Selatan Kota Pontianak, dalam pelaksanaan Rakor tersebut di pimpin langsung oleh Gubernur Kalimantan Barat Bpk. H. Sutarmidji, S.H.,M.Hum, Jumat (29/05/2020)

Dalam Rakor tersebut Gubernur Kalimantan Barat menyampaikan, ” Kabar baik buat kita semua karena dalam waktu dua minggu ke depan kita akan lebih melonggar atau lebih baik karena menurun nya Reaktif di pontianak ini,oleh karena itu dengan adanya melonggar nanti justru kita harus lebih waspada dan harus selalu bersih.”

Disamping itu, lanjut Gubernur, ” Dari segi pangan kita harus jelas ketersediaanya karena ini berurusan dengan kebutuhan masyarakat coba di cek benar masalah pangan kita, apakah ada bermasalah atau kekurangan, karena ini masalah serius untuk masyarakat kita. Dengan adanya New Normal nanti mari kita semua harus memperhatikan, yang mana sudah menjadi tanggung jawab kita bersama dan saya akan selalu kordinasi dengan Pangdam, Danlantamal, Danlanud serta Kapolda untuk nanti berlakunya New Normal.”

Sementara itu Danlantamal XII menyampaikan, ” Dengan adanya New Normal ini maka kita harus tetap waspada. Mengingat akan adanya lagi pemulangan TKI melalui Pelabuhan Dwikora, penerapan Physical Distancing, pemakaian masker serta wajib cuci tangan harus tetap diawasi dan dilaksanakan. Diwilayah kami (Lantamal XII) sudah kami laksanakan pembagian masker serta menghimbau agar setiap keluar rumah harus menggunakan masker.”

Kami juga melaksanakan pengecekan di pasar perbelanjaan yang ada di wilayah Lantamal XII, setiap penjual kami cek. Penjual wajib memakai masker, kami tempatkan Prajurit kami di area pintu masuk pasar tersebut sambil membawa masker yang akan dibagikan bagi pembeli yang belum memakai masker. Kami didik si penjual jadi harus cepat cepat, minimize komunikasi” ucap Danlantamal.

Kepala Dinas Kesehatan Prov Kalbar dr. Harisson mengatakan, ” Dalam dua minggu ke depan keadaaan kita akan melandai dan akan melonggar ini juga akan menjadi tantangan kita semua untuk lebih dewasa menyikapi masalah ini yang benar – benar kita harus jaga adalah tetap jaga jarak dan selalu memakai masker dan selalu mencuci tangan Mungkin kita semua akan lebih baik lagi dengan adanya New Normal nantinya semoga kesehatan untuk kalbar semakin meningkat untuk lebih baik lagi.”

Kepala dinas Pendidikan Prov Kalbar Suprianus Herman, SH turut menyampaikan, ” Kita masih akan belajar di rumah sampai tanggal 13 juli kita akan mulai masuk itupun bilamana sudah di perbolehkan dengan situasi yang sudah membaik dan merasa aman dari virus corona ini Dan kita akan membuat tempat – tempat cuci tangan di setiap depan kelas untuk lebih efisen lagi karena akan mempermudah para murid untuk melakukan cuci tangan Nantinya. Bangku akan kita jadikan satu – satu dan di beri jarak antara siswa karena untuk tetap mencegah adanya jarak yang lebih dekat sesama siswa.”

Kapolda Kalbar Irjen Pol Dr. Remigius Sigid Tri Hardjanto ,S.H., menyampaikan, ” Masalah New Normal untuk anggota TNI dan POLRI kita pun sudah mendapatkan perintah langsung dari panglima TNI dan KAPOLRI untuk lebih meningkatkan ke disiplinan seperti contoh : Mall, tempat ibadah dan tempat keramaian.

Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menyampaikan, ” Mendisplinkan masyarakat itu tidak mudah. Makanya perlu edukasi atau himbauan agar masyarakat mengerti, hal – hal inilah yang perlu kita lakukan menuju New Normal. Kalau seperti rumah makan kita sudah tata, atur, sekolah- sekolah dan toko, bioskop dan lainnya kita adakan PRA dulu baru kita laksanakn new normal sehingga kita bisa kontrol grafik Covid ini turun dan turun terus hingga bisa menjadi normal seperti biasa,

Masalah New Normal kita tetap menunggu perintah dari pusat walaupun sebenarnya kita sudah siap untuk melakukan New Normal, dengan adanya New Normal ini semoga perekonomian kita akan menjadi lebih baik lagi dan menjadikan perubahan yang lebih baik lagi” tegas PangdamXII/Tpr.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Komandan Lanud Supadio. Marsma TNI.Palito Sitorus. SIP. MM, Ketua Pengadilan tinggi kalbar, H. Amiryat, S.H., M.H., Kepala Dinas Kesehatan Prov.Kalbar, Kepala Dinas Pendidikan Prov.Kalbar, Kepala Biro Perekonomian Setda Prov.Kalbar, Kabinda Prov.Kalbar Drs. Bakti Subanar, M.M., Kajati Prov.Kalbar Dr. Jaya Kesuma, S.H.,M.Hum Kepala Dinas Sosial Prov.Kalbar Yuline Marhaeni serta Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Prov.Kalbar.(Sy Mohsin)

Tinggalkan Balasan