Rakor Lintas Sektoral Bidang Operasional 2022 Berlangsung di Aula Mapolresta Pontianak

Pontianak,-etabloidfbi.com

Rapat Koordinasi (Rakor) lintas sektoral bidang operasional tahun 2022 berlangsung di aula Mapokresta Pontianak kota Jl. Johan Idrus kecamatan Pontianak Selatan kota Pontianak, Kamis (14/04).

Hadir dalam kegiatan Rakor Lintas Sektoral Bidang Operasional tahun 2022, diantaranya
Kapolresta Pontianak, KOMBES POL. ANDI HERINDRA, S.I.K., Kapolres Kubu Raya AKBP JERROLD H.Y. KUMONTOY, S.I.K., M.Si, Dandim 1207/BS yang diwakili Kasdim 1207/BS LETKOL ARM MUHAMMAD ROFIQ S.Pd. M.Si, Wakapolresta Pontianak AKBP NATALIA BUDI DARMA, S.I.K., M.H.

Disamping itu juga tampak hadir Wakapolres Kuburaya KOMPOL SANDHY W.G. SUAWA, S.P., S.I.K., M.H,Wakil Bupati Kubu Raya SUJIWO, S.E., M.Sos, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pontianak, Kadis Kesehatan Kota Pontianak.

Juga tampak Kadis Perindag Kota Pontianak;
Kadis PUPR Kota Pontianak, Kadis Perhubungan Kota Pontianak, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pontianak, Kepala BMKG Kota Pontianak, Kepala Basarnas Kota Pontianak, . PJU Polresta Pontianak, PJU Polres Kubu Raya, Kapolsek Jajaran Polresta Pontianak.

Adapun susunan kegiatan Rakor Lintas Sektoral Bidang Operasional tahun 2022, diantaranya :

  1. Pembukaan;
  2. Mendengarkan Lagu Indonesia Raya;
  3. Pembacaan doa;
  4. Sambutan dan arahan Kapolri;
  5. Paparan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan RI;
  6. Paparan Menteri Perhubungan RI;
  7. Paparan Menteri Kesehatan RI;
  8. Paparan Menteri Dalam Negeri;
  9. Paparan Perdagangan RI;
  10. Paparan Wakil Menteri Agama;
  11. Paparan Sekjen Kementerian PUPR;
  12. Paparan Kepala Staf Komando Militer TNI;
  13. Paparan Kepala BNPB RI;
  14. Kepala Basarnas RI;
  15. Paparan Direktur Utama PT. Pertamina;
  16. Paparan Kapus Meteorologi Penerbangan;
  17. Menyanyikan Lagu Bagimu Negeri.

Dalam kegiatan rakor ada beberapa sambutan dan paparan yang disampaikan, diantaranya : Sambutan dan arahan Kapolri JENDERAL POL. Drs. LISTYO SIGIT PRABOWO, M.Si.

Untuk menyambut Idul Fitri 1443 H, Pemerintah mengambil kebijakan dengan mempertimbangkan segala kemungkinan dan mengambil keputusan bahwa mudik tahun 2022 akan berjalan seperti tahun sebelumnya.

Namun akan dihadapi dengan beberapa permasalahan dari sisi keamanan, kemacetan dan pasca mudik lonjakan terkonfirmasi Covid-19 untuk itu bersama mempersiapkan memberikan pembekalan terhadap seluruh masyarakat yang hendak melaksanakan mudik khususnya di daerah yang menjadi sasaran daerah mudik

Daerah yang melaksanakan mudik terbesar yaitu Prov. Jawa Barat, Tengah dan Timur. Menurut survey 47% masyarakat lebih senang mudik menggunakan kendaraan pribadi tentunya perlu dipersiapkan kembali skenarionya khususnya rumah makan/ restoran yang akan dituju sebagai lokasi buka puasa.

Yang sedikit berbeda dari Bulan Ramadhan ialah masyarakat lebih memilih untuk vaksinasi setelah melaksanakan Sholat Tarawih tentunya gerai vaksinasi saat siang hari tetap dilaksanakan, tentunya menjadi salah satu upaya untuk menekan angka fatalitas pasca mudik Lebaran.

Untuk diketahui bersama persiapan operasi Ketupat tahun 2022 dengan melibatkan 144rb pers dari 876 pers Mabes dan 87rb pers Polda Jajaran. kelancaran mudik Polri menyiapkan posko pengamanan yang terbagi atas 3 kelompok yaitu; pos pengamanan, pelayanan dan terpadu yang menyiapkan gerai vaksinasi. Harapannya 25 April 2022, H-7 Lebaran ini seluruh daerah capaian vaksinasi booster dapat mencapai 50%, pemberlakuan apk Pedulindungi di seluruh fasilitas dan protokol kesehatan yang tidak kendor;

Jajaran Kepolisian juga tetap memantau dan mengawasi perkembangan kebutuhan bahan pokok dan bahan bakar serta disparitas harga. Menjelang Lebaran 2022 semua kebutuhan bahan pokok dan bahan bakar akan meningkat yang tentunya menjadi celah untuk meraup keuntungan bagi sekelompok orang, dengan melakukan upaya pengawasan sampai dengan penindakan hukum terhadap penyimpangan diharapkan dapat menjamin kelancaran masyarakat dalam mencukupi kebutuhannya.(Kaperwil Kalbar Sy Mohsin, M Zuhdi)

Tinggalkan Balasan