Puskesmas Limbangan Adakan Sosialisasi Penanggulangan Kebakaran

Sukabumi, TFBI.-

Untuk memenuhi salah satu syarat Akreditasi Rumah Sakit, maka Puskesmas Limbangan melakukan Pelatihan Penanggulangan Kebakaran bersama Dinas Pemadam Kebakaran Kab. Sukabumi yang dilaksanakan disekitar halaman Kelurahan Sukamekar, selasa, 9/07.

Pelatihan ini diikuti oleh semua Pegawai Puskesmas Limbangan termasuk Kepala UPTD Puskesmas, Dasep Hidayat, mengutarakan tentang kegiatan yang dilangsungkan di halaman Kelurahan Sukamekar, Kec. Sukaraja ini. ” Kegiatan hari ini (09/07) adalah sebagai salah satu syarat untuk memenuhi Akreditasi Puskesmas di bulan Oktober nanti, yang diikuti oleh 22 Puskesmas di Sukabumi”, Dasep Hidayat kepada etabloidfbi. com menyampaikan.

Pelatihan Penanggulangan Kebakaran ini di Apresiasi juga oleh Lurah Sukamekar,Erna Lia yang saat itu berada di lokasi, ” Kami sangat mengapresiasi atas kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Pemadam Kebakaran untuk mensosialisasikan Penanggulangan Kebakaran yang dilakukan di Area Kelurahan Sukamekar, Semoga Puskesmas Limbangan dalam memenuhi salah satu syarat dalam Akreditasi nanti berjalan baik dan bisa sukses, ” ucap Erna Lia .

Dalam mensosialisasikan kegiatan ini yang dilaksanakan oleh Dinas Pemadam Kebakaran Kab. Sukabumi, berjalan lancar dan sukses, para Peserta yang ikut pun sangat antusias dalam mempraktekan cara memadamkan saat adanya kebocoran gas,para peserta di ajak untuk praktek langsung dalam menanggulangi apabila terjadi kebakaran atau kebocoran gas di rumah.

Ada yang lebih unik lagi ketika sebuah motor yang di minta oleh petugas untuk di jadikan sebagai contoh bila terjadinya kebakaran pada tangki bensin yang terbuka yang terkena percikan api atau terjadi kebakaran ” Cukup dengan menutup aza tangki ini dengan telapak tangan atau Lap Basah sehingga Udara yang berada di dalam tangki tertutup yang mengakibatkan api padam, sama seperti yang tadi sudah di praktekkan ketika didalam gentong Api berkobar, dengan menutupinya dengan Karung Basah kedalam mulut Gentong dengan Karung Basah maka Api akan Padam ,karena udara yang ada didalam gentong tersebut tertutup oleh Karung Basah, sehingga mengakibatkan Api padam karena tidak adanya udara”salah satu petugas menjelaskan .

Dedi Mulyadi, Kabid Dinas Pemadam Kebakaran dan Uus Kasi Pelatihan Pemadam Kebakaran kab. Sukabumi yang ditemui dilokasi, menjelaskan, ” Dalam kegiatan ini untuk memberikan sosialisasi dan pelatihan langsung yang di ikuti oleh 30 orang dari Puskesmas Limbangan sebagai salah satu syarat memenuhi Akreditasi yang akan di laksanakan nanti, dan memberikan pendidikan, pengetahuan, bagaimana memadamkan serta menanggulangi kebakaran sehingga dengan begitu, para peserta mendapatkan pengetahuan untuk mengatasinya, Insyaallah bermanfaat “, ucap Dedi Mulyadi.
Kegiatan yang dilakukan sangatlah bermanfaat sekali untuk memberikan pengetahuan dan cara menanggulangi kebakaran, semoga selalu di sosialisasikan rutin kepada masyarakat dalam menanggulangi bencana kebakaran ini.

(Hendra Sofyan)

Tinggalkan Balasan