Program Kampung Tematik Digelorakan Demi Mengangkat Potensi Wilayah di Kota Sukabumi

 

etabloidfbi.com – Kota Sukabumi

Kampung Tematik akan terus digelorakan di setiap wilayah di setiap Kelurahan di Kota Sukabumi, ini merupakan salah satu Program dari Pemerintah untuk menggali potensi di setiap wilayah untuk dapat digali dan diberdayakan sehingga dapat memberikan manfaat serta kesejahteraan bagi warga masyarakat sekitarnya .

Kota Sukabumi yang merupakan Kota Sejuta Cerita ini tentunya dapat berkembang dari Pembangunannya dengan terus menggali setiap potensi wilayah yang ada di Kota Sukabumi untuk Pariwisatanya sehingga diharapkan dapat menambah PAD Kota Sukabumi dan Pembangunannya dapat meningkatkan Perekonomian warga Kota Sukabumi.

Saat ini , Kota Sukabumi terus berbenah dan terus menggelorakan Program-program di Bidang Pariwisatanya dengan Kampung Tematiknya sehingga dapat menggali potensi yang ada di wilayah.

Saat ini sudah banyak yang dibangun obyek wisata lokalnya diantaranya Pemandian Cikundul dan Santa Sea Waterpark yang diminati para pengunjung tapi masih belum maksimal .

Kabid Diapora Bidang Pariwisata, Fajar, memaparkan bahwa dengan Program Kampung Tematik ini dapat menggali Potensi yang ada di wilayah dan tidak hanya wacana saja tetapi harus dilakukan tindak lanjut.

” Tidak wacana saja Kampung Tematik ini dan akan ditindak lanjuti.Kampung Tematik ini dapat berjalan namun dan harus dilakukan, walaupun melalui proses yang cukup panjang”, papar Kabid Dispora ,Fajar saat menjelaskan dan meminta agar Lurah dan Penggiat Pariwisata yang hadir di Aula Pertemuan Dispora waktu itu menggali potensi yang ada di wilayahnya.

Dispora akan segera mempercepat terealisasinya Kampung Tematik di Kota Sukabumi ini dengan bekerjasama dengan para Penggiat Parwisata, Warga Masyarakat dan Instansi terkait ,khususnya wilayah di setiap Kelurahan.

Sementara itu, Dihadiri oleh Tim Pendamping Pembangunan Kampung Tematik, Firman dan Jajarannya serta dari Dispora yang dihadiri oleh Sekdis , Kabid Pariwisata , Lurah dan Penggiat Pariwisata memberikan Penjelasannya terkait Kampung Temati tersebut.

” Kampung Tematik itu adalah kampung yang mempunyai Tema dimana setiap kampung ini yang berdekatan dapat berbeda-beda setiap temanya di setiap wilayah sehingga diharapkan dapat
menjaring potensi yang ada diwilayah setiap kelurahan”, ujar Firman dihadapan hadirin.

Selain itu, Firman pun menyinggung terkait Pembentukan Organisasi Kepariwisataan diantaranya Kompepar atau Kelompok Penggerak Pariwisata atau Pokdarwis ( Kelompok Sadar Pariwisata ), dimana didalamnya merupakan Anggota Penggiat Kepariwisataan yang terdiri dari warga Masyarakat dan bekerjasama dengan Dinas atau Pemerintah dalam mengelola Wisata yang akan dibangun sehingga dapat Terstruktur dan Terorganisir dalam pengelolaannya.

” Selain dari 7 Kelurahan yang sudah diajukan untuk Kampung Tematik ini, akan ditambah dengan beberapa wilayah yang mempunyai Potensi Wisata , apalagi yang selalu eksis dan belum didaftarkan menjadi Kampung Tematik yaitu diantaranya yang di Kadulawang , Kampung Wisata Edukasinya dan di Limusnunggal ,apalagi sudan terlihat dari pergerakan dan eksistensi warganya untuk mengelola dan menata wilayah tersebut selama ini “, jelasnya.

Firmanpun berharap agar dari Potensi di setiap wilayahnya dapat di daftarkan dan diinformasikan,selain dari 7 Potensi Wilayah Kelurahan yang sudah terdaftar menjadi Kampung Tematik tersebut.

Sementara itu, Organisasi yang dibentuk nanti akan diberikan berupa berbagai Pelatihan Kepariwisataan dan nantinya dapat diimplementasikan saat terbangunnya Kampung Tematik ini.

” Insyaallah akan dibantu dari Dinas Pariwisata selain Pelatihan Kepariwisataan dan berupa bantuan dari fisik, namun mengenai nilai rupiahnya akan diberitahukan setelah administrasi atau proposalnya nanti sudah diselesaikan dan itu pun secara Stimulan”, Sekdis Dispora menambahkan.

Selain akan diajukan dan diberikan pelatihan-pelatihan untuk UMKM , Kepariwisataan , Tata Kelola Bisinis dan Pemasaran, wargapun diminta agar dapat mengembangkan Kreatifitasnya dan dapat bersinergi untuk kesuksesan pengembangan Kampung Tematik menjadi Wisata di Kota Sukabumi.

( Hendra Sofyan

Tinggalkan Balasan