Prajurit Lantamal XII Melaksanakan Latihan Pek Di Mako Lantamal XII

etabloidfbi.com Pontianak –

Komandan Detasemen Markas (Dandenma) Lantamal XII, Letkol Laut (PM) Sugeng Subagyo, S.Sos, memimpin Latihan Penanggulangan Bahaya Kebakaran (PEK) yang dilaksanakan di Lobby Mako Lantamal XII Wajok, Pontianak Kalimantan Barat, Kamis (25/06/2020)
Dilaksanakan Latihan Penanggulangan Bahaya Kebakaran ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan serta pembekalan terhadap Prajurit Lantamal XII, sewaktu-waktu kemungkinan menghadapi terjadinya bahaya kebakaran dilingkungan TNI AL dan segera dapat mengantisipasi serta mengatasinya dengan baik.

Selain itu setiap prajurit yang terlibat dalam organisasi PEK harus memahami tugas dan tanggung jawabnya/siapa berbuat apa harus jelas, sehingga jika terjadi kebakaran, sudah siap melaksanakan tugas tanpa ada keraguan.
Adapun dalam Latihan Penanggulangan Bahaya Kebakaran tersebut sebagai instruktur adalah Lettu Laut (T) KuXI1 awan dan Lettu Laut (T) Hengki, dengan materi; Klasifikasi dan jenis kebakaran, Penyebab terjadinya Kebakaran/Segitiga Api (Api terjadi karena adanya tiga unsur yaitu Bahan Bakar, Oksigen dan Panas), dan Bagaimana cara penanggulangan kebakaran, serta penggunaan Alat Pemadam Kebakaran Ringan (Apar) yang benar.

Latihan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan sekaligus merupakan penyegaran bagi seluruh prajurit Lantamal XII agar selalu siaga menghadapi bahaya kebakaran, serta bagaimana cara penanggulangan bahaya kebakaran sesuai Standar Operasi Prosedur (SOP), jika terjadi di Pendirat maupun di Kapal. Hal ini penting karena jika salah dalam bertindak akan berakibat fatal.

Sebagai contoh jika kebakaran terjadi dikapal, dan Tim Pek tidak paham tentang SOP dalam penanggulangan bahaya kebakaran dikapal, akibatnya kapal akan kehilangan daya apung serta daya tempur.

Itu sebabnya sebagai Prajurit TNI AL harus paham dengan benar tentang SOP Penanggulangan Bahaya Kebakaran “Ujar Danlantamal XII, Laksamana Pertama TNI Agus Hariadi, saat mengevaluasi Latihan ini.(Sy Mohsin)

Tinggalkan Balasan