PRAJURIT LANTAMAL XII MELAKSANAKAN LATIHAN GLAGASPUR P-1 TW 1 TAHUN 2022 DI MAKO SATROL LANTAMAL XII.

etabloidfbi.com, Pontianak.-

Dandenma Lantamal XII, Letkol Laut (PM) Hendry Wijaya,S.H., Kamis (24/02/2022), pukul 07.30 WIB bertempat di Ruang Serbaguna Malayahati Mako Satrol Lantamal XII Jl. Komyos Sudarso No 1, memimpin upacara pembukaan Latihan Glagaspur Tingkat I TW I Tahun 2022, yang diikuti seluruh prajurit Mako Lantamal XII, Satrol Lantamal XII, Pom Lantamal XII dan Prajurit “Jaguar Yudha Khatulistiwa” Yonmarhanlan XII. Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan perintah Komandan Lantamal XII Pontianak, Laksamana Pertama TNI Suharto.

Komandan Lantamal XII, Laksamana Pertama TNI Suharto menyampaikan bahwa latihan Glagaspur Tingkat I TW.I Tahun 2022 ini merupakan sarana untuk memelihara serta meningkatkan kemampuan, baik individu prajurit maupun satuan, peningkatan kemampuan ini harus dibina serta dikembangkan secara terprogram dan berkesinambungan.

Kepada seluruh prajurit Lantamal XII, saya perintahkan untuk melaksanakan semua kegiatan latihan dengan sungguh-sungguh sehingga tujuan dari latihan Glagaspur Tingkat I TW.I Tahun 2022, ini dapat terwujud sesuai standar yang ditetapkan”. Demikian tegas Danlantamal XII.

Adapun materi dilaksanakan pada hari ini antara lain Latihan Pertahanan Pangkalan (Hanlan) dan Latihan Penindakan Huru Hara (PHH). Dalam Latihan PHH ini diskenariokan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XII diserang oleh masyarakat nelayan sekitar Mako Lantamal, berkaitan dengan salah satu rekan mereka ditahan di Mako Lantamal XII karena diduga melakukan penangkapan ikan dengan handak, sehingga ditahan untuk dimintai keterangan. Namun karena kesigapan prajurit Lantamal XII, aksi demo dapat diatasi.

Selain itu juga melaksanakan Latihan Kering Menembak Senjata Laras Panjang maupun Pistol, hal ini penting guna mengingat kembali bagaimana cara mengunakan senjata dengan baik dan benar, juga melaksanakan Latihan Penanggulangan Bahaya Kebakaran / PEK, serta Permildas atau P5T.

Dandenma Lantamal XII, Letkol Laut (PM) Hendry Wijaya, S.H., mengatakan bahwa XII kegiatan Latihan Gladi Tugas Tempur Pangkalan atau P1 ini guna menguji dan menilai hasil pembinaan latihan yang dilaksanakan prajurit Lantamal XII Pontianak secara terprogram, bertingkat dan berlanjut. Hal ini juga selaras dengan instruksi Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono untuk senantiasa berlatih untuk menguji kesiapsiagaan dan profesionalisme prajurit TNI Angkatan Laut sampai sejauh mana kemampuan perorangan yang dimiliki dalam mengahadapi setiap penugasan, dalam rangka pencapaian tugas pokok dan fungsi pangkalan. Demikian ujar Dandenma Lantamal.(M.Zuhdi,Sy Mohsin)

Tinggalkan Balasan