PRAJURIT LANTAMAL XII BERSIHKAN SAMPAH DI SUNGAI KAPUAS DAN ALUN ALUN KAPUAS DALAM RANGKA SONGSONG HARI ARMADA KE 76.

etabloidfbi.com Pontianak :

Hari Armada ke 76 yang jatuh pada tanggal 5 Desember 202, Prajurit Pangkalan Utama TNI AL XII Pontianak, yang terdiri dari Prajurit Mako Lantamal XII, Prajurit Satuan Kapal Patroli Lantamal XII serta Prajurit “Jaguar Yudha Khatulistiwa” Yonmarhanlan XII, Senin (29/11/2021), pagi pukul 07.00 WIB melaksanakan kegiatan Bakti Sosial dengan melakukan bersih – bersih Alur Sungai Kapuas dan Alun-Alun Kapuas yang berada di jantung Kota Pontianak Prov. Kalbar. Aksi ini bertemakan “Bersih Sungaiku, Indah Kotaku, Sehat Masyarakatnya”

Kegiatan Bakti Sosial ini dilaksanakan serentak di seluruh Komando Utama TNI AL, merupakan perintah langung Kepala Staf Angkatan Laut, kepada seluruh jajaran TNI AL, dalam rangka menyongsong HUT Hari Armada ke 76, yang bertemakan. “ARMADA RI KSATRIA PENGAWAL SAMUDERA UNTUK INDONESIA JAYA”

Komandan Pangkalan Utama TNI AL XII Pontianak, Brigjend TNI (Marinir) Andi Rukman, kemudian memerintahkan Dinas Potensi Maritim Lantamal XII untuk segera berkoordinasi dengan unsur Forkopimda Kota Pontianak, dan Prov. Kalimantan Barat, serta instansi terkait lainnya agar kegiatan bersih bersih sungai dan alun alun Kapuas dapat berjalan terlaksana dengan baik.

Sebelum dilakukan pembersihan, Dispotmar Lantamal XII Pontianak terlebih dahulu melaksanakan survei. Dalam survei tersebut, masih didapati berbagai jenis sampah, termasuk sampah plastik dan limbah masyarakat yang hanyut di aliran Sungai Kapuas. Kondisi tersebut sangat tidak layak untuk dibiarkan, karena dapat mengganggu kesehatan, selain itu juga dapat menggangu keselamatan kapal saat melakukan olah gerak kapal saat berlayar di alur sungai Kapuas. Atas dasar tesebut sehingga panitia memutuskan untuk melakukan bakti sosial bersih-bersih sampah di Sungai Kapuas.

Adapun alasan sehingga kegiatan ini dilakukan yaitu “Sungai Kapuas merupakan urat nadi dan sumber kehidupan kehidupan masyarakat, bukan saja mereka yang tinggal di bantaran sungai Kapuas tetapi hampir seluruh masyarakat Kalimantan Barat. Namun bagaimana jika air yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tersebut kotor karena sampah? Tentu hal itu dapat berdampak buruk bagi kesehatan masyarakat luas.

Dalam kegiatan bersih bersih sungai Kapuas Lantamal XII Pontianak bersinergi dengan unsur Forkopimda Kalbar antara lain Kodim 1207/BS, Lanud Supadio, Satpol PP kota Pontianak, KPLP Pontianak, Distrik Navigasi Kelas III Pontianak, PT. Pelni Cabang Pontianak, Forum Bela Negara (FBN) RI Pontianak, Dinas PUPR Kota Pontianak, SMK Pelayaran Pembangunan Pontianak, dan SMKN 9 Pontianak, serta Masyarakat Kota Pontianak.

Selain melaksanakan bakti sosial bersih-bersih sampah di Sungai Kapuas, Lantamal XII juga telah melakukan kegiatan Donor Darah, Kebut Vaksinasi terhadap Masyarakat Maritim dibeberapa tempat, dan kunjungan kepada Warakawuri TNI AL, dan akan melakukan Ziarah ke Taman Makam Pahlawan Patria Jaya.( M.zuhdi )

Tinggalkan Balasan