Pomal Lantamal XII Latihan Olah TKP Laka Lalin Bersinergi dengan Polresta Kota Pontianak.

Pontianak.-etabloidfbi.com

omal Lantamal XII Pontianak, bertempat di Jl. Komyos Sudarso Jeruju Kota Pontianak, Kamis (21/04/2022), melaksanakan Latihan Olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) Laka Lalin (Kecelakaan Lalu Lintas) bersinergi dengan Polresta Kota Pontianak meliputi bagaimana cara Olah TKP Laka Lalin dan titik beratnya pada pengukuran obyek yg terlibat Laka, menandai Obyek yg terlibat Laka, serta Pembuatan Sket Bagan Laka Lalin.

Latihan Olah tempat kejadian perkara (TKP) kecelakaan lalu lintas yang di selenggarakan oleh Polisi Militer TNI AL (Pomal) Lantamal XII ini merupakan salah satu bagian dari Fungsi Kepolisian Militer yaitu Fungsi Penegakkan Hukum dan Fungsi Pengendalian Lalu Lintas dan Penyelenggaraan SIM TNI, yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan sumber daya manusia (SDM) dan sebagai langkah antisipasi bagi prajurit Pomal Lantamal VII terhadap kemungkinan kejadian sehingga prajurit Pomal Lantamal XIII akan lebih tanggap dan sigap dalam menyikapi kejadian Laka Lantas.

Olah TKP yang baik dan benar adalah membuat suatu kasus bisa lebih mudah terdata, terbaca, dan pada akhirnya terpecahkan. Pengungkapan sebuah kasus kriminal sudah barang tentu tidak lepas dari keberadaan TKP dan berbagai bukti yang ada terkait kejadian tersebut. Penanganan olah TKP tindak pidana umum dan laka lalin, menjadi sangat penting dikaitkan dengan perkembangan masyarakat dalam kasus kejadian.

Dalam penanganan olah TKP dilakukan dengan cara membuat status quo, pengukuruan obyek yg terlibat Laka, membuat sket Bagan, meminta keterangan saksi, mengumpulkan barang bukti, mengidentifikasi, dan mendokumentasi sehingga dapat dijadikan bahan analisa sebagai bahan laporan ke pimpinan.

Pelaksanaan latihan ini bekerja sama dengan Pihak Kepolisian Resort Kota (Polresta) Pontianak dan ini diikuti oleh seluruh prajurit Pomal Lantamal XII.

Danpomal Lantamal XII, Letkol Laut (PM) Musa. H. Sitorus., S.Si., M.Tr.Opsla dalam sebuah kesempatan mengatakan, Tujuan pelatihan ini dilaksanakan yaitu untuk meningkatkan kemampuan personel Pomal Lantamal XII dalam bertugas di lapangan, sehingga dapat lebih sigap dan cepat apabila menemui peristiwa Laka Lalin”.(Sy Mohsin-M. Zuhdi)

Tinggalkan Balasan