Polri akan bentuk Satuan Kepolisian Kawasan Pariwisata Danau Toba

etabloidfbi.com Parapat.–

Polisi merupakan bagian dari masyarakat, dan keberadaanya dibutuhkan oleh masyarakat.

Kewenangan polisi dalam hal ini juga merupakan kewenangan yang diberikan masyarakat melalui legitimasi undang-undang.

Dalam negara yang demokratis, polisi berfungsi untuk mendukung meningkatkan kualitas hidup masyarakat, termasuk keamanan dan kenyamanan warga dimana keberadaan polisi harus bermanfaat bagi masyarakat.

Setelah Danau Toba ditetapkan pemerintah sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) dan mengingat banyaknya tempat wisata yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestik maupun
asing yang ingin berkunjung ke Danau Toba.

Maka Kawasan Danau Toba yang memiliki peranan yang begitu penting sebagai daya tarik pariwisata, sehingga faktor pelayanan bidang keamanan perlu menjadi prioritas dalam perencanaan pariwisata di kawasan DPSP ini.

Atas dasar keinginan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat pelaku wisata dan terutama para wisatawan yang berkunjung ke Danau Toba, maka Polri melalu Polda Sumut merencanakan pembentukan satuan Polisi Pariwisata di kawasan DPSP Danau Toba yang akan dipimpin oleh Setingkat Polres dengan pangkat lebih tinggi (Kombes Pol)

Hal ini disampaikan oleh
Kapolda Sumut Irjen Pol Panca RZ Simanjuntak Msi, saat FGD (Diskusi terpumpun) dalam rangka rencana pembentukan satuan Polisi Pariwisata Danau Toba, Jumat (28/01/2022) di Niagara Hotel Parapat.

Kapolda mengatakan bahwa FGD ini merupakan proses tahapan rencana pembentukan Satuan Kepolisian di Kawasan DPSP Danau Toba yang turut mendukung program pemerintah dalam peningkatan kawasan strategis pariwisata nasional sesuai Perpres,
dimana Pariwisata merupakan kunci pendobrak ekomoni khususnya di kawasan Danau Toba.

“Satuan kepolisian memberikan jaminan rasa aman bagi masyarakat dan wisatawan, Polisi pariwisata
ini nantinya merupakan polisi yang khusus ditugaskan untuk mengamankan dan memperlancar kegiatan wisata yang dilakukan oleh para wisatawan dan akan dibentuk membawahi urusan khusus terutama menjaga keamanan dan kenyamanan bidang pariwisata.”ujar Kapolda.

Panca mengatakan Satuan yang akan dibentuk ini akan membawahi unit Polisi pariwisata, Polisi udara, Polisi perairan dikawasan Danau Toba dan akan dilengkapi dengan sarana prasarana yang mendukung rasa aman bagi wisatawan seperti kapal, kuda, dan helikopter.

Selanjutnya untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi dan berperilaku santun oleh personil, kapolda sudah merancang program pelatihan pengembangan kapasitas SDM yang bekerjasama Poltekpar Medan.

Pada acara FGD turut hadir dalam Brigjen Agung Julianto (Karo Renmin Baharkam Polri), Danrem Pantai Timur,
Kapolres dari 8 Kabupaten sekawasan Danau Toba, Kepala Dinas Pariwisata dari 8 kab sekawasan Danau Toba dan BPODT (Badan Pelaksana Otorita Danai Toba). (Feri)

Tinggalkan Balasan