Perjalanan ke Long Apari yang bertaruh nyawa

Kaltim, 8/9, TFBI.–

Daerah Long Apari masuk wilayah Kabupaten Mahulu yang baru saja pemekaran dan sebelumnya masuk wilayah Kabupaten Kutai Barat Kalimantan Timur. Perjalanan yang penuh resiko dan bertaruh nyawa jika ingin mengunjungi beberapa kecamatan diwilayah pedalaman yang notabene masyarakat dayak suku asli Kalimantan.

Daerah Long Apari adalah daerah yang berpotensi sebagai daerah penghasil tambang emas dan goa sarang burung walet. Namun, sejauh ini penduduk setempat belum berani melakukan penambangan emas diakibatkan air deras yang disebut riam oleh penduduk setempat merupakan daerah yang penuh beresiko dan membahayakan. Konon, riam inilah yang paling sering memakan korban jiwa.

Hanya nakhoda yang berpengalaman dan hafal dengan medan ini yang berani melewatinya. Cocok buat mereka yang suka tantangan dan beruji nyali. Setelah melewati riam ini anda akan disambut dengan panorama yang cukup indah dan penduduknya yang sangat ramah. Masyarakat disini untuk berbelanja, mereka malah senang masuk ke Malaysia ketimbang ke Indonesia sendiri. Pasalnya, lebih dekat ke Malaysia daripada ke Indonesia. (Ucok)

Tinggalkan Balasan