Peringati Hari Dharma Samudera Tahun 2021 Danlantamal XII Gelar Upacara Tabur Bunga

Etabloidfbi.com, Pontianak.-

Komandan Lantamal XII Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman, memimpin sekaligus bertindak sebagai Inspektur Upacara Tabur Bunga dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera tahun 2021.

Adapun yang bertugas sebagai Komandan Upacara adalah Mayor Laut (KH) Antoni, S.T, bertempat di dermaga Satuan Kapal Patroli Lantamal XII, Jumat (15/01/2021) tadi pagi.

Selama pelaksanaan kegiatan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan Covid-19.

Komandan Lantamal XII Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman menyampaikan dengan dilaksanakan Upacara Tabur Bunga ini untuk mengenang dan menghormati jasa- jasa para Pahlawan yang telah gugur membela bangsa dan Negara.

Adapun kegiatan pokok yang dilaksanakan yaitu melakukan penghormatan kepada Arwah Pahlawan, kemudian dilanjutkan dengan mengheningkan cipta sebagai ungkapan terima kasih atas pengorbanan serta jasa- jasa yang telah diberikan, dan berdoa kiranya arwahnya di terima disisi Tuhan YME.

Selanjutnya Komandan Lantamal XII Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman untuk melakukan pelarungan karangan bunga di tengah Sungai Kapuas.

Pada saat Pelarungan bunga didampingi Pejabat Utama Lantamal XII, Para Asisten Danlantamal, Kadis dan Kasatker, serta Ketua dan Pengurus Jalasenastri Korcab XII DJA 1 dan Pengurus Jalasenstri Korcab XII DJA 1 dan PPAL Pontianak, serta perwakilan Pramuka Saka Bahari on Board di KRI Siribua – 859.

Selesai pelarungan karangan bunga, KRI Siribua – 859 kembali sandar di Dermaga Satrol Lantamal XII dan seluruh peserta kembali ke posisi semula.

Acara berikutnnya dilanjutkan Danlantamal XII memimpin penghormatan terakhir kepada Arwah Pahlawan, dan dilanjutkan dengan pembacaan Amanat Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana Yudo Margono oleh Danlantamal.

“Peringatan hari Dharma Samudera kali ini sedianya akan dilaksanakan secara terpusat di Kepulauan Natuna. namun dengan adanya musibah jatuhnya pesawat Sriwijaya Air di perairan kepulauan seribu. Maka diputuskan untuk melaksanakan upacara secara sederhana di dermaga Kolinlamil Jakarta,” ujarnya saat membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana Yudo Margono oleh Danlantamal.

Dalam amanat tersebut Staf Angkatan Laut, Laksamana Yudo Margono yang dibacakan oleh Danlantamal juga berharap pada peringatan Hari Dharma Samudera tahun ini juga dapat menginspirasi bangsa Indonesia untuk membangun dan membangkitkan kembali kejayaan nusantara.

“Dengan menyadari bahwa laut adalah faktor kunci tercapainya kejayaan Bangsa menuju Indonesia sebagai Poros Maritim dunia,” ujarnya.(Sy Mohsin)

Tinggalkan Balasan