Pengusaha Peternakan Puyuh P4S, Cikembar, Lakukan Pelatihan Dan Uji Keunggulan Daging Dan Telor Puyuh

Kab. Sukabumi 10/10 TFBI.–

Peternakan Puyuh yang berada di Kp. Cilangkap, Rw. 05 , Desa Cikembar, Kec. Cikembar , Kab. Sukabumi ini merupakan Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya( P4S) yang di kelola oleh Kelompok Tani Ternak Puyuh Cilangkap Sub 1 .

Puyuh yang merupakan salah satu Kelompok Unggas yang banyak sekali Manfaatnya, selain dari Telur, Daging dan juga Kotorannya pun dapat di jadikan Pupuk bagi Tanaman dan Makanan Ikan.
Dari Daging Puyuh ini dapat di jadikan Konsumsi dan kaya akan Protein. Dari Hasil pemaparan dan Keterangan yang etabloidfbi.com dapatkan di Lokasi Peternakan dari Ketua P4S, Slamet, mengatakan dan memaparkan keistimewaan hewan ternak ini bila di Konsumsi.

Pengusaha Peternakan Puyuh P4S, Cikembar, Lakukan Pelatihan dan Uji Keunggulan Daging dan Telor Puyuh. ” Kami beserta Kelompok Tani Ternak Puyuh Cilangkap Sub 1, mengadakan Pelatihan ternak Puyuh, di Tempat Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya ( P 4 S ) . Kita lakukan semua ini demi kemajuan dan keberlangsungan Usaha Ternak Puyuh yang saat ini belum mendapat perhatian yang serius dan Usaha yang saat ini dijalankan merupakan Usaha UKM, dimana semuanya di lakukan dengan modal sendiri dan Pemasarannya pun kita lakukan sendiri. Padahal apabila dilihat dan di cermati , dari ternak Puyuh ini menghasilkan Telur, Daging dan Kotorannya pun dapat di pergunakan untuk Pupuk. Kita berharap agar Ternak Puyuh ini di kembangkan dan di dukung penuh oleh Pemerintah dalam Pengembangannya demi keberlangsungan para Peternak Puyuh lainnya “, Jelas Slamet kepada wartawan.

Para Peternak Puyuh saat ini belum mendapatkan perhatian yang serius dan setelah kita coba melihat dan mendengar dari hasil Pemaparan dan Penjelasan dari Ketua P4S , Slamet, bahwa dari hasil Ternak Puyuh tersebut sangat lah banyak bermanfaat. Daging Puyuh yang di katagorikan sama dengan Ikan Salmon dari segi Protein dan kadar lemak nya setelah di uji coba bahwa kandungan lemak pada Puyuh sangatlah rendah dari Salmon dan Proteinnya lebih Tinggi dari Ikan Salmon.


Dari Protein 25 gr Daging Puyuh per 100 Gr kadar lemaknya adalah 14 gr / 100 gr.
Ikan Salmon yang sama 20 gr/ 100 gr Proteinnya mempunyai kadar lemak nya 13 gr / 100 gr. Belum lagi dari harga Ikan Salmon diperkirakan 600 rb an per kilo nya, tapi kalo Daging Puyuh tidak mencapai ratusan ribu.

Dari Kotorannya pun sangat bermanfaat untuk Tanaman dan tanah yang semakin Gembur bila memakai Pupuk dari Puyuh ini.
Dan beberapa uji dan Demo dilakukan bahwa Ternak Puyuh tersebut layak di perhitungkan dari segi Bisnis, Kesehatan, Perekonomian dan Perdagangan serta membuka Lapangan Kerja di Indonesia.

Salah seorang Peternak Pemula yang ikut dalam Pelatihan ini bernama Cecep, dari Santolo, Pameungpeuk , Garut , mengatakan kepada etabloidfbi. com di saat berada di tempat Pelatihan.

” Saya memulai usaha Ternak Puyuh ini dari 5 ekor, setelah di coba ternyata berhasil menjadi dan ditambah lagi menjadi 300 ekor dan karena dari 300 ekor tersebut dapat menghasilkan 80 % Telur Puyuh maka sekitar 250 butir yang berhasil di pasarkan. Karena banyak sekali permintaan maka tidak mencukupi, akhirnya saya menambah kembali 400 ekor sekarang ini dengan mendatangi ke Tempat ini , jadi saat ini sudah 700 ekor yang kami ternak, Alhamdullillah, dapat menghasilkan dari peternakan Telur Puyuh yang saat ini saya jalankan”, ujar Cecep kepada wartawan.

Saat ini banyak dari para Pemuda dan Pemudi serta Sekolah yang ikut dalam Pelatihan ini. Di Tempat Pelatihan ini pun di sediakan tempat untuk menginap bagi peserta yang ingin belajar ternak Puyuh terutama dari Luar daerah.

Semoga Peternakan Puyuh di Indonesia dapat menjadi Daya Saing di Dunia International , Mancanegara dan memberikan Kesejahteraan bagi Masyarakat dan Peternak Puyuh di Indonesia.

( Hendra Sofyan )

Tinggalkan Balasan