Pemda Rohil Merespon Acara Cheng-Beng.

Rohil – TFBI


Setelah selesainya terselenggara acara puncak Cheng-Beng pada tanggal 5 maret kemarin di Bagansiapiapi dijadikan sebagai even wisata juga mampu menaikkan ekonomi masyarakat.

Saya melihat perayaan Cheng-Beng ini adalah even wisata Rohil yang berdampak pada perputaran ekonomi bagi masyarakat setempat,” kata ketua yayasan Multi Marga Tionghoa Indonesia Bagansiapiapi, Rendi Gunawan di Bagansiapiapi Jum’at.
Menurut dia dengan perayaan Cheng-Beng yang dilaksanakan setiap tahun nya itu. Masyarakat berjualan berupa makanan oleh-oleh khas setempat seperti kacang pukul makanan favorite ikan asin dan lainnya tentu akan menambah pendapatan pedagang-pedagang kuliner. Diperkirakan 10 sampai 15 ribu orang hadir datang merayakan sembahyang Cheng-Beng di Bagansiapiapi yang datang berbagai daerah seperti daerah Jakarta, Surabaya, Jawa tengah, Medan, dan Pekanbaru bahkan dari luar negeri Taiwan, Singapore, Malaysia,” kata Rendi.


Sembahyang cheng-Beng adalah suatu bentuk penghormatan terhadap leluhur bagi warga Tionghoa yang sudah meninggal. Dimana dimulai sejak 27 maret sampai pada puncaknya 5 april 2019. Semuanya berjalan aman dan lancar diperbantu oleh Pemda setempat, TNI- Polri, Camat, Penghulu, dan Masyarakat.
Sementara Sekda Rohil Surya Arfan atas nama pemerintah Rohil mengatakan,

sesuai komitmen Pemerintah Daerah setiap even even yang ada di Rohil akan dijadikan sebagai objek wisata daerah.
Seperti yang di sampaikan mantan DPRD dan tokoh masyarakat Tionghoa A sheng dari Bagan Batu bersama Jurnalis TFBI dalam pengambilan foto di perkuburan Ki Lok Ting jalan Pelabuhan Baru “pemerintah daerah tahun ini sangat mendukung terselenggaranya acara Cheng-Beng, Mudah mudahan tahun berikutnya acara ini lebih semarak lagi.,” ucapnya dengan optimis. (Kho,ui Mks)

Tinggalkan Balasan