PEMDA HALUT RESMI BERKANTOR DI DEPAN PT NHM

Halmahera Utara, TFBI.

Menindaklanjuti komitmennya dalam mengawal perjanjian yang telah disepakati bersama di Hotel Grendafan Jakarta yang membahas masalah Community Development. Bupati Halut Ir. Frans Manery bersama Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa drs. Nyoter Koenoe, Kepala Bappeda dr. Bitjoli, M.Si, Kadis Kominfo drs. Deky Tawaris, MM, Kepala Satpol pamong praja drs. F.N. Sahetapy, MH, Kepala Badan Kesbangpol J. Rompis, S.Pd, Kabag Tata Pemerintahan, Kabag Umum Setda Halut, para camat dan kades di wilayah lima kecamatan lingkar tambang pada (01/07-2019) resmi berkantor di depan pos penjagaan PT NHM Gosowong.

Bupati katakan, penandatanganan kesepakatan antara pemda Halut dan PT NHM saat itu telah disaksikan Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba, Bupati Halut, Forkompinda Halut, Kapolda Malut dan perwakilan PT NHM. Terkait hal tersebut maka pihaknya akan berkantor di depan perusahaan tambang emas itu sampai direalisasikan tanggung jawab perusahaan itu dalam penyerahan dana coorporate social responsibility kepada masyarakat lingkar tambang yang berdomisili di lima kecamatan.

Bupati berharap masalah ini diselesaikan secepatnya. Dan sebelum terselesaikan seluruh hak masyarakat, maka tidak diperbolehkan pihak PT NHM melakukan aktivitas. Pasalnya aktivitas pemerintahan akan tetap berlangsung di tempat itu, tegas Bupati. Kepada para kades di wilayah lingkar tambang, Bupati berharap agar tidak melakukan tindakan anarkis atau keributan. Bupati tegaskan, dirinya menempuh cara ini bukan untuk mencari sensasi atau perhatian, tetapi sebagai tanggung jawabnya selaku pemimpin di daerah ini.

Pada kesempatan itu juga, Wakil Kapolda Maluku Utara Kombes Polisi Lukas Akbar Abriari bersama rombongan, hadir memantau aktivitas pelayanan masyarakat yang dilakukan Bupati Halut beserta jajarannya. Sekaligus mengunjungi masyarakat lingkar tambang yang berada di lokasi pintu masuk ke pos keamanan PT NHM. Dan langsung melakukan hearing bersama Bupati dan jajaran Pemda Halut.

Sebelumnya, pada (29/06) Bupati Halut sempat menemui masyarakat desa lingkar tambang yang sementara menggelar aksi tuntutan terhadap PT NHM di Gosowong, bahkan orang nomor satu di Halut itu sempat tidur bersama masyarakat didalam tenda.

(Magdalena)

Tinggalkan Balasan