Pejuang Rupiah Seorang Jukir di Masa Pandemi Covid 19

etabloidfbi.com – Kota Sukabumi

Juru Parkir atau sering dikenal.dengan Jukir merupakan sebuah tugas dan pekerjaan mulia , apalagi mereka ( Jukir) ini mengorbankan Keselamatannya di Jalan untuk mengais rejeki dan menjalankan Tugasnya.

Di masa Pandemi Covid 19 saat ini tentunya dari berbagai lini dan pekerjaan ikut terdampak oleh penyebaran Virus Covid 19 yang saat ini melanda di berbagai belahan Dunia termasuk di Indonesia.

Kota Sukabumi saat ini pun dihantui oleh terpaparnya Covid 19 yang terus bertambah dan penyebarannya pun sudah hampir merata di seluruh daerah di Kota Sukabumi.

Warga Masyarakat yang Melakukan aktifitas kesehariannya pun merasakan kekhawatirannya dan tidak nyaman dengan situasi seperti ini, Protokol Kesehatan harus dilakukan demi mencegah dan memutus mata rantai penyebaran dan terpaparnya Covid 19 ini.

KIPP.

Juru Parkir yang kesehariannya melakukan kegiatan untuk menata, mengatur dan sekaligus memberikan Pelayanan kepada warga masyarakat yang memakai kendaraan untuk di parkir ditempat yang sudah ditentukan tentunya sangat riskan juga terpaparnya Covid 19 .

Seorang Juru Parkir , Awang , yang kesehariannya melakukan aktifitas di Jalur A.Yani , Kota Sukabumi, mengatakan bahwa dengan keadaan saat ini turun drastis penghasilannya sampai 70%.

” Saat ini mah pa , penghasilan semakin turun drastis hingga 70%, biasanya setiap hari membawa uang ke rumah untuk anak dan istri, tapi untuk saat ini hanya 30 ribu rupiah, sedangkan kebutuhan meningkat”, ujar Awang kepada etabloidfbi.com.

Juru Parkir yang sedang melaksanalan tugasnya diharapkan selalu memakai Masker dan selalu rajin mencuci tangan nya untuk mencegah tertularnya Virus Covid 19 .

” Masker yang digunakan saat ini hanya 1 buah dan inipun pemberian dari Dishub,karena pake nya yang ini terus ya jadi ngga nyaman pa, makanya saya ngga pake masker saat ini “, ucapnya saat dihampiri awak media dan mempertanyakan kenapa tidak memakai masker saat bertugas.

Virus Covid 19 ini tentunya dapat menjangkiti siapa saja termasuk para Juru Parkir yang kesehariannya melayani para Pengendara yang kendaraannya terparkir .

Uang Parkir yang diberikan untuk para Jukir pun merupakan salah satu alat dan media penyebaran Virus Covid 19 ini .

” Kita selalu menjaga Jarak dengan warga yang akan memarkirkan kendaraannya, dan selalu rajin mencuci tangan pa, apalagi sudah disediakan juga sarana untuk mencuci tangan di depan Mall “, ujar salah seorang Juru Parkir , Eki, memberikan tanggapannya saat dirinya selalu menerima uang parkir dari pengendara yang memarkir kendaraannya.

Kepala UPT Parkir Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Rudi Hartono , saat dihubungi etabloidfbi.com memberikan statement nya terkait hal tersebut .

“Himbauan maupun arahan kepada jukir utk melaksanakan protokol kesehatan ketika melaksanakan pemunggutan Retribusi parkir selalu kami lakujan setiap ada pengawasan lapangan oleh anggota kami maupun saya sendiri”, Jelas Rudi.

Rudi pun menambahkan terkait Pemberian Masker kepada para Jukir di lapangan saat ini masih terbatas dan dari anggaran yang masih terbatas.

“Memang betul masker yg di berikan oleh kami kepada Jukir ini cukup terbatas karena terbentur anggaran yang kecil tapi para Jukir ini sering mendapatkan masker dari berbagai pihak yang mengadakan pemberian masker di beberapa tempat.”, tambahnya .

“Harapan kami semoga para pejuang rupiah ini( Jukir ) ini selalu diberikan kesehatan dan terhindar dari Virus, dan semoga situasi Pandemi ini segera berakhir dan kami semua menjalani kehidupan degan normal, aamiin yra”, harapnya.

Dengan Perjuangan Para Jukir ini patut diberikan perhatian dikarenakan resiko yang menimpa mereka terutama dari Asuransi Keselamatan Tenaga Kerja dan Penghasilan yang memadai , dengan begitu mereka ( Jukir ) , diharapkan dapat memberikan Pelayanan yang terbaik untuk Warga Masyarakat di Kota Sukabumi.

( Hendra Sofyan )

Tinggalkan Balasan