PDAM HALUT SIAP MELAYANI PELANGGAN SELAMA 24 JAM

Fhoto. Kantor PDAM Kab Halut di Tobelo

Halmahera Utara, TFBI. —

Kepala Perusahaan Daerah Air Minum kabupaten halmahera utara, Farid Iskandar yang ditemui media ini (Jumat, 09/08-2019) di ruang kerjanya mengatakan, dalam melayani pelanggan pihaknya selalu berupaya memberikan yang terbaik. Berbagai kendala yang dihadapi antara lain, terjadi kebocoran pipa tanpa sepengetahuan pihak PDAM. Selain itu kadang pompa besar hangus pada saat turun hujan lebat.
Menurut Farid, jika aliran air ke rumah-rumah pelanggan tiba-tiba macet, hal itu disebabkan kebocoran pipa. Ironisnya, pekerjaan penyambungan pipa yang bocor butuh keahlian khusus serta extra hati-hati. Sementara aliran air yang keluar dari pipa yang baru tersambung juga cukup lama. Hal ini disebabkan tekanan uap harus keluar dari pipa terlebih dahulu, selanjutnya mendorong keluarnya tekanan aliran air secara maksimal.

Kendala yang sangat urgent yakni tunggakan pelanggan pada setiap bulan berjalan semakin bertambah. Mendesak pihaknya melakukan penagihan tunggakan secara door to door. Farid berharap pelanggan menyadari kewajiban membayar biaya
konsumsi air bersih, demi menunjang kelancaran biaya operasional PDAM.
Menyentil sumber air di Talaga Paca Farid katakan, sumber air di tempat itu merupakan air permukaan. Untuk itu butuh pengolahan secara optimal sebelum disuplai kepada pelanggan.

Berikut rangkuman jumlah pelanggan serta jumlah meteran yang terjangkau pelayanan PDAM Halut.
Cabang Tobelo, jumlah pelanggan 8.355, volume (m3) = 97.515.89, meter 5.000. Cabang IKK Galela, jumlah pelanggan 2.582, volume (m3) 18.741.55, meter 5.000. Cabang IKK Tobelo Selatan, jumlah pelanggan 2.486, volume (m3) = 19.641.00, meter 3.500. Cabang IKK Kao, jumlah pelanggan 2.888, volume (m3) = 16.256.00, meter 3.500.

(Dalen Halut).

Tinggalkan Balasan