Pangdam IV Sholat Idul Adha Bersama Ratusan Prajurit dan PNS

Semarang, TFBI. —

Panglima Kodam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi, S.E.,
M.M., melaksanakan Sholat Idul Adha beserta ratusan prajurit dan PNS Kodam IV/Diponegoro serta masyarakat di Lapangan Makodam IV/Dip. Semarang, Minggu (11/8/2019).

Sholat Idul Adha juga dihadiri Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa, S.E., M.M., dan para Asisten, Kabalak Kodam IV/Diponegoro.

Bertindak selaku imam Ustadz Tri Wiyanto, S.Sos. (ulama kota Semarang) dan khotib Prof. DR. Navis Junalia, MA (Guru Besar UIN Walisongo).

Pada ceramahnya, Prof. DR. Navis Junalia, MA mengajak kepada jamaah untuk menjadi manusia bertaqwa dan memiliki derajat kemuliaan yang hakiki.

Dikatakan bahwa untuk mencapai derajat kemuliaan yang hakiki, manusia yang beriman sekalipun akan dihadapkan pada seribu satu cobaan dan tantangan. Hal ini untuk menguji dan menyeleksi manusia yang tabah, tanggungjawab dan tidak mudah putus asa.

“Manusia harus memiliki pedoman yang jelas dan kokoh dalam menghadapi cobaan”, ungkapnya.

Menurutnya pedoman tersebut adalah sikap teguh, tabah, dan tahan uji, seperti yang telah diajarkan oleh Nabi Ibrahim AS. Selama menjalankan kehidupan, Nabi Ibrahim dihadapkan pada berbagai macam cobaan, namun beliau tetap teguh dan tabah. Hal inilah yang dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Dijelaskan, ketaqwaan akan melahirkan sifat satria, tanggungjawab, ulet, rasional dan realistis dalam menghadapi cobaan. Ketaqwaan didasarkan pada pemikiran yang jernih, tulus, tidak memihak, keberanian serta tindak efektif dan efisien.

“Semoga kita bisa menjadi hamba yang bertaqwa seperti yang telah diajarkan Nabi Ibrahim”, ungkapnya.

Usai melaksanakan Sholat Idul Adha, Pangdam IV/Diponegoro beserta Kasdam menyerahkan hewan kurban.

Tinggalkan Balasan