NEKAT MUDIK, POLRES TOBA AKAN SURUH BALIK ARAH PEMUDIK

etabloidfbi.com Toba.–

Polres Toba menjalankan himbauan pemerintah untuk “tidak mudik Tahun 2021” sebagai langkah pencegahan penyebaran  Covid-19 di wilayah Indonesia.

Aturan ini tertuang dalam Surat Edaran Kepala Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik pada Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah selama 6-17 Mei 2021.

Berdasarkan aturan Larangan Mudik  tersebut Kapolres Toba melalui Kasubbag Humas Aiptu Khairudin Sukriyanto melakukan himbauan kepada masyarakat, pada Minggu (02/05/2021), dengan memasang baliho di setiap ruas jalan, tempat wisata, perkantoran, dan perusahaan yang masuk dalam wilayah hukum Polres Toba, dan Polsek Jajaran di Polres Toba, sehingga masyarakat Toba atau dari luar Toba dapat mematuhi Himbauan tersebut.

“Kita berharap himbauan ini ditaati oleh masyarakat sehingga dapat terhindar dari Virus Corona (Covid-19) dengan mematuhi Protokol kesehatan, tidak tertular dan tidak menularkan virus Covid-19,” Ujar Khairudin.

Aturan ini bertujuan untuk mencegah penyebaran virus corona Covid-19 yang dikarenakan oleh mobilitas masyarakat yang meningkat saat Lebaran., sehingga Larangan ini diberlakukan untuk moda transportasi darat, laut dan udara, Lanjut Khairudin.

Larangan mudik berlaku bagi transportasi darat yang dilarang saat mudik berupa kendaraan bermotor umum dengan jenis mobil bus dan mobil penumpang.
Larangan juga diberlakukan bagi kendaraan bermotor perseorangan atau pribadi, dengan jenis mobil penumpang, mobil, bus, dan sepeda motor.

Dia juga mengatakan ada beberapa pengecualian perjalanan yang diizinkan oleh pemerintah, dengan syarat yang ketat seperti bagi mereka yang memiliki kepentingan pekerjaan, urusan mendesak, dan keperluan non mudik lainnya.

Untuk pengecualian ini harus tetap mematuhi syarat wajib yaitu menyertakan surat negatif Covid-19 dan surat izin berpergian dari pihak berwenang terkait.

Selanjutnya Polres Toba bersama Gugus tugas penanganan Covid-19 kabupaten Toba juga mendirikan Pos-pos penyekatan dan pemeriksaan bagi masyarakat untuk larangan mudik, bagi masyarakat yang di temukan mudik akan di putar balik oleh petugas pencegahan Covid-19 Toba.

Kapolres Toba Akbp Akala Fikta Jaya S.IK,M.H berharap dengan adanya Himbauan dari pemerintah untuk “tidak Mudik tahun 2021” bagi seluruh Rakyat Indonesia, maka diharapkan tidak menambah panjang penyebaran wabah virus Covid-19 di Indonesia.

“Kami dari kepolisian Polres Toba ikut mendukung pemerintah, menghimbau dan  menertibkan Masyarakat Toba untuk tidak Mudik tahun ini sehingga Kita dan keluarga dapat terhindar dari Virus Corona Covid-19, Semoga Allah SWT, Tuhan yang maha Esa menjauhkan Covid-19 dari negara kita Indonesia.” ucap Akala. (Feri)

Tinggalkan Balasan