MERAYAKAN IDUL ADHA 1440 H, KODIM 1508/TOBELO MELAKUKAN PENYEMBELIHAN HEWAN QURBAN

Halmahera Utara, TFBI. —

Merayakan Idul Adha 1440 H/2019, Dan Dim didampingi beberapa Perwira beserta jajarannya melakukan shalat Idul Adha di Mesjid An Nur, kompleks markas kodim 1508/Tobelo serta menyembelih hewan qurban. Tema yang diusung, “Dengan hikmah Idul Adha 1440 H, sebagai momentum peningkatan ketaqwaan dan semangat berkorban guna mendukung tugas pokok TNI”.

Melalui kilas khutbahnya, khatib ustad M.Aliyin, S.Pd katakan, umat islam selalu menyambut perayaan idhul adha yang sakral itu dengan penuh sukacita. Qurban idul adha seringkali dipahami sebatas ibadah ritual keagamaan yang dilakukan secara rutinitas. Dalam hal ini umat islam yang melaksanakan ibadah qurban dan shalat idul adha hanya fokus pada kebiasaan dan rutinitas saja tanpa berimbas pada peningkatan kualitas keimanan dan ketaqwaan.

Menurut Aliyin, nabi Ibrahim dan nabi Ismail telah membuktikan agar umat muslim tidak terpenjara oleh cinta dunia secara berlebihan sehingga lupa pada hakekat dan tujuan hidup yang sejati yakni ridho Allah. Harapan utama bukanlah daging atau darah yang mengalir setelah penyembelihan qurban. Namun hal utama yang diharapkan Allah yakni ibadah taqwah dan keikhlasan, tutupnya.

Sementara Komandan Kodim 1508/Tobelo Letkol Kavaleri Tri Sugiarto kepada pers menjelaskan, kegiatan penyembelihan hewan qurban ini merupakan syukur keluarga besar kodim 1508/Tobelo atas limpahan berkah dan rahmat dari Allah. Dengan demikian seluruh keluarga besar kodim dapat diberikan kekuatan dalam mengawal kedaulatan negara kesatuan Republik Indonesia tercinta. Usai melaksanakan shalat idhul adha, Dan Dim menyaksikan langsung kegiatan penyembelihan hewan qurban. Jumlah hewan qurban yang disembelih terdiri dari 5 ekor sapi dan 1 ekor kambing.

(Dalen Halut).

Tinggalkan Balasan