Memperingati Hari Lahirnya Pancasila ๐˜ฟ๐™‹๐™’ ๐™…๐˜ฝ๐™ˆ๐™„ Bengkulu Ajak Masyarakat Memahami ๐™ˆ๐™–๐™ ๐™ฃ๐™–๐™ฃ๐™ฎ๐™–.

 

etabloidfbi.com BENGKULU.–

 

Hari Pancasila jatuh pada tanggal 01 Juni. Sejarah hari Pancasila memiliki perjalanan yang panjang. Hari Lahir Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni. Penetapan 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016, Pemerintah menetapkan tanggal 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila. Tanggal 1 Juni juga ditetapkan sebagai hari libur nasional. Dalam Keppres tersebut juga disebutkan bahwa pemerintah bersama seluruh komponen bangsa dan masyarakat Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni.

Moment memperingati hari lahir Pancasila Pada Tahun 2022, Jamaah Batak muslim Indonesia (JBMI) provinsi Bengkulu, mengangkat tema Hari Pancasila adalah Bangkit Bersama, Membangun untuk Peradaban di era milenium.

Ketua DPW JBMI provinsi Bengkulu, Sukridy sitompul mengatakan,” peringatan Hari Pancasila harus dimaknai dengan mendalam. Karena jasa para pendahulu kita sudah berjuang keras untuk menyepakati Pancasila yang kita pahami hari ini. Jika kita menjalankan setiap butir yang ada di Pancasila, Indonesia pasti akan menjadi negara yang besar, terkhusus provinsi Bengkulu.

“Mari dengan momen Hari Pancasila ini kita maknai sebagai momen kolaborasi antar masyarakat. Sesuai, dengan tema Hari Pancasila Tahun ini. Harapannya, kita juga sebagai Organisasi bisa bersinergi dengan Pemerintah provinsi Bengkulu dalam menjaga bhineka Tunggal Ika,” Ucap sukriady sitompul

Tahun 2022 ini peringatan Hari Pancasila dilaksanakan di Ende, Nusa Tenggara Timur sebagai tuan rumah Nasional. Ende juga mempunyai cerita sejarah dengan Proklamator sekaligus penyusun naskah Pancasila, yaitu Bung Karno.

“Sejatinya memang bukan hanya sekadar menghafalkan kelima sila yang ada dalam Pancasila, karena Negara tercinta ini tidak hanya membutuhkan itu saja,” ujar Sukriyadi.

Tokoh kemasyarakatan di bengkulu ini juga berpendapat, kalau tugas masyarakat kita saat ini adalah harus dapat menerapkan semua nilai yang terkandung pada setiap sila yang ada sebagai dasar dalam kehidupan berbangsa.

“Pancasila membuat perbedaan jadi kekayaan, Pancasila merajut keragaman jadi keindahan, dan Pancasila itu menyatukan. Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 1945 – 1 Juni 2022,” tutup nya.

(s.s.)

Tinggalkan Balasan