MEMBENTUK PRAJURIT LANTAMAL XII YANG PROFESIONAL, MODERN DAN MEMILIKI KEMAMPUAN MENJAGA KEUTUHAN WILAYAH NKRI DALAM SAFARI PERSONEL DI BUMI KATULISTIWA

etabloidfbi.com Pontianak :

Komandan Lantamal XII Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman dengan didampingi pejabat utama Lantamal XII, Wadan Lantamal XII, Para Asisten Danlantamal XII, Ka. Kuwil, Dansatrol, Kadis dan Kasatker jajaran Lantamal XII serta perwakilan Prajurit Mako Lantamal XII, dan Prajurit Satuan Kapal Patroli, serta Prajurit Jaguar Yudha Khatulistiwa Yonmarhanlan XII yang berkedudukan di Kab. Mempawah, bertempat di Ruang Terbuka Dinas Angkutan Lantamal XII, Jl. Komyos Sudarso No 1 Jeruju Kota Pontianak Kalimantan Barat. Rabu (22/09/2021).

Danlantamal XII dalam kesempatan tersebut menyampaikan amanat didahului dengan ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena masih dapat mengikuti kegiatan Safari Personil Tahun 2021 dalam keadaan sehat walafiat. Sebagai pemimpin TNI Angkatan Laut di Lantamal XII telah memberi arahan untuk memprioritaskan pembangunan SDM TNI Angkatan Laut, namun masih banyak kekurangan sehingga diperlukan upaya terus-menerus dan berkelanjutan dalam mewujudkan sumber daya manusia luhur yang baik bagi Angkatan Laut di masa mendatang. Dan berharap dengan dilaksanakannya kegiatan Safari Personel yang rutin dilakukan tiap tahun sebagai sarana prajurit untuk mengetahui tentang berbagai isu dan kebijakan-kebijakan pemimpin TNI Angkatan Laut saat ini, dapat menerima penjelasan dan menjawab setiap permasalahan guna menentukan kebijakan dalam bidang personel, serta memberikan manfaat bagi seluruh seluruh prajurit Lantamal XII

Pada kesempatan tersebut juga dibacakan Sambutan Aspers Kasal, Laksamana Muda (Laksda) TNI Irwan Achmadi, M.Tr (Han) yang dibacakan oleh Ketua Tim Safari Pers Mabesal, Kolonel Laut (P) Dodi Agus Prasetyo S.Pi., M.A.P., CHRMP Paban IV Binkar Spersal yang mengatakan bahwa hasil yang diharapkan dari kegiatan Safari Personil adalah terciptanya komunikasi dua arah antara personel sebagai pembuat kebijakan dengan pelaksana kebijakan di daerah sehingga terjadi kesamaan Pola Pikir, Pola Sikap dan Pola Tindak pada semua tingkat. Diharapkan dengan dilaksanakannya Safari Personel dapat mengetahui kondisi dilapangan guna merumuskan kebijakan.

Ketua Tim Safari Pers Mabesal, Kolonel Laut (P) Dodi Agus Prasetyo S.Pi., M.A.P., CHRMP juga menyampaikan tujuan kedatangan Tim Safari Personel di Bumi Khatulistiwa ini yaitu untuk mensosialisasikan tentang aturan yang baru dan informasi sehubungan dengan pembinaan karier prajurit, serta hak dan kewajiban prajurit, agar dapat dimengerti dan dipahami dan dilaksanakan oleh seluruh personil dijajaran TNI Angkatan Laut dan mengetahui permasalahan aktual faktual yang terjadi di lapangan satuan bawah, serta melaksanakan pengawasan dan pengendalian pada penyelenggaraan penerimaan Caba Catam PK TNI AL gel. II TA. 2021.

Dalam paparan yang disampaikan Ketua Tim Safari Pers mengingatkan kembali prioritas Kasal yaitu “Pembangunan SDM TNI AL yang Unggul” dengan cara mengimplementasikan Visi dan Misi Kasal yaitu terwujudnya TNI AL yang professional dan modern serta kemampuan proyeksi regional dan komitmen global dan Pembinaan Kekuatan TNI AL menjadi Angkatan laut yang proyeksi dan dan modern guna menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI, jadi kekuatan regional serta mendukung kebijakan politik Negara yaitu menjadikan NKRI sebagai Poros Maritim Dunia, serta menyampaikan rencana pembangunan TNI AL jangka panjang meliputi; rekruitmen, pendidikan, kesejahteraan prajurit, pembanguan SDM meliputi penempatan jabatan dan pengendalian karier.

Saat ini Angkatan Laut telah memiliki 3 Satdik yaitu Satdik 1 berada di Tg. Uban (wilayah Riau Daratan, dan Riau Kepulauan, Sumatera dan Kalbar), dan Satdik 2 berada di Makasar (wilayah Kalimantan (Kalbar tidak termasuk), dan Sulawesi), serta Satdik 3 di Sorong ( Wilayah Papua dan Maluku)

Adapun Tim Safari Pers, Berdasarkan Surat Perintah Asisten Personel Kasal, Nomor SPrin/349/IX/2021 tanggal 17 September 2021, terdiri dari Kolonel Laut (P) Dodi Agus Prasetyo S.Pi., M.A.P., CHRMP Paban IV Binkar Spersal (Ketua), dan Letkol Laut (KH) Joni Agus Sugiharto S.Si., Pbandya Renbangkuat Ban II Binteman Spersal, serta Pengda Tk.I III/b Agusng Prabowo , S.T., Kaur Komposisi Sip ban II Binteman Spersal, sebagai Anggota tim.( M.zuhdi / sy Mohsin )

Tinggalkan Balasan