Masyarakat Desa Pasirgombong Lebak-Banten Keluhkan Aktifitas Penambang, Minta Pemerintah Untuk Menertibkan

 

etabloidfbi.com Lebak Banten.–

Keluhan masyarakat Desa Pasirgombong kecamatan Bayah Lebak Banten, tentang aktifitas penambang mendapat perhatian dari pemerintah propinsi Banten.
Melalui Dinas ESDM Propinsi Banten langsung men Sosialisasi Terkait ijin Pertambangan Rakyat ( lPR)

Sosialisasi di laksanakan di aula kantor Desa Cibeber,Kecamatan Cibeber Jalan warungkadu.( 01/09/2020.)
Yang dihadiri perwakilan dari beberapa desa,diantaranya dari desa warungbanten,desa cikotok,desa Ciherang,desa Neglasari,desa Citorek kidul Kecamatan Cibeber dan Desa Pasirgombong kecamatan Bayah.

Menindaklanjuti surat nomor 07/PPRC/lll/2020 tanggal 13 Maret 2020.
Prihal audiensi terkait ijin Pertambangan Rakyat (lPR) Kepada Dinas ESDM Propinsi Banten.

Dari itu Gubernur menugaskan Dinas ESDM.untuk membantu/ mempasilitasi Perijinan Pertambangan Rakyat yang ada di wilayah Kecamatan Cibeber, supaya semua tertata dan tidak merugikan masyarakat.

Di katakan Helmi N.j.selaku Kepala Bidang Mineral dan Batubara Propinsi Banten,” terkait perijinan asal di tempuh sesuai prosedur dengan aturan aturan yang ada dan akan dibantu bantu.
Terkait biaya atau administrasi tidak ada biaya alias nol rupiah.
Untuk sekarang terkait perijinan belum bisa di terbitkan karena sedang terjadi wabah pandemi covid-19 di wilayah Propinsi Banten,” terangnya.

WPR merupakan dari wilayah pertambangan (Wp)yang di tetapkan oleh Pemerintah Pusat setelah di tentukan oleh Pemerintah Daerah Propinsi sesuai dengan Pasal 9 dan pasal 10 Undang Undang no 3 Tahun 2020 tentang perubahan atas Undang Undang no 4 Tahun 2009 tentang Mineral dan Batubara.

Di tempat yang sama “Harto” juga menyampaikan terkait permohonan ijin sudah ada di meja Ibu Bupati tinggal menunggu rekomendasi dari lbu Bupati.

“Kepada masyarakat untuk bersabar perijinan menambang sedang kami urus,” katanya.

Dari penyampaian masyarakat berharap,” penambang yang hadir memohon kepada pemerintah untuk segera di terbitkan surat ijin pertambangan.
“Dengan di terbitkannya surat ijin pertambangan kami bisa bekerja dengan tenang dan nyaman.karena kehidupan masyarakat di Cibeber dan desa pasirgombong kecamatan Bayah hasil dari pertambangan.
Dan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.meningkatka daya beli masyarakat, ujar Sumarno, (perwakilan warga.)

(TIM)

Tinggalkan Balasan