Masyarakat Begitu Antusias Saat Pembagian 1000 Sertifikat PTSL di Desa Sukasari Kab. Sukabumi

Kab.  Sukabumi 09/10 TFBI.–

Desa Sukasari Kab.  Sukabumi saat ini sedang melaksanakan Pembagian Sertifikat PTSL yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa Sukasari,  Jalan Kadudampit , Desa Sukasari,  Kec.  Cisaat,  Kab.  Sukabumi. 

Pembuatan Sertifikat dari Program PTSL yang di luncurkan oleh Pemerintah merupakan Program yang di laksanakan di seluruh Indonesia, Lambannya proses pembuatan sertipikat tanah selama ini menjadi pokok perhatian pemerintah. Untuk menanggulangi permasalahan tersebut, pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN telah meluncurkan Program Prioritas Nasional berupa Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

PTSL adalah proses pendaftaran tanah untuk pertama kali, yang dilakukan secara serentak dan meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan di dalam suatu wilayah desa atau kelurahan atau nama lainnya yang setingkat dengan itu. Melalui program ini, pemerintah memberikan jaminan kepastian hukum atau hak atas tanah yang dimiliki masyarakat.

Kepala Desa Sukasari, Usman Rusman, S. A.P.,   di saat berada di Kantor Desa sedang melaksanakan Pembagian Sertifikat bagi Masyarakat nya,  Dari Tahun 2018 hingga saat ini sudah 1900 sertifikat yang sudah di berikan kepada Masyarakat di wilayah nya.

“Pada Tahun 2018 , Program PTSL ini  untuk Desa Sukasari mendapatkan kuota untuk  Sertifikat PTSL sebanyak  2000 bidang dan kemudian di Tahun 2019  mendapatkan tambahan Kuota  PTSL yaitu 1000  Sertifikat, jadi Jumlah Kuota PTSL untuk Desa Sukasari adalah  3000 Sertifikat, pembagian Sertipikat Tahun  2018 telah di bagikan kurang lebih 900 Sertifikat dan pada Tahun 2019 telah di bagikan 1000 Sertifikat Sehingga Jumlah yang sudah direalisasikan adalah  sebanyak 1.900  sertifikat dan bagi yang  belum mendapatkan harus segera mengurus dan melengkapi berkasnya  agar selesai sesuai target bahwa Akhir  Tahun 2019 semuanya segera dapat  terealisasikan, InsyaAllah”, Ujar Kepala Desa menyampaikan kepada etabloidfbi.com.

Masyarakat yang hadir di Kantor Desa untuk mengambil Sertifikat terlihat  Begitu Antusias dan  bahagia di saat mereka menerima Sertifikat yang di serahkan oleh Panitia hari ini,  Rabu,  9/10 .

Usman Rusman,  S.A.P., yang ikut dalam pembagian Sertifikat kepada Masyarakatnya berharap agar Program ini berkelanjutan dan dapat membantu Masyarakat mendapatkan Kepastian Hukum dengan Terbitnya Sertifikat dari Program PTSL ini.

” Program Pemerintah dengan Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap atau PTSL ini sangat membantu sekali kepada Masyarakat , Sesuai dengan Peraturan Menteri No. 12 Tahun 2017 dan Instruksi Presiden No. 2 Tahun 2018 , tentang PTSL. Metode PTSL ini merupakan inovasi pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat  berupa Sandang, Pangan dan Papan. Kita sangat berharap apa yang sudah di laksanakan dapat bermanfaat bagi Masyarakat dan memberikan Kepastian Hukum atas Tanah dan Bangunannya “, Ujar Kepala Desa,  Usman Rusman,  SAP,  kepada etabloidfbi. com di Kantor Desa Sukasari. 

Program-program Pemerintah yang merupakan untuk Percepatan Pembangunan Infrastruktur dan Percepatan  Perekonomian Bagi Masyarakat sangatlah diutamakan,  Oleh sebab itu Pemerintah melalui Pemerintahan Desa memberikan beberapa Program selain dari PTSL,  Dana Desa dan Yang Program lainnya adalah untuk memberikan Pemerataan Pembangunan , Perekonomian dan Kesejahteraan bagi Masyarakat di Negeri ini.

( Hendra Sofyan) 

Tinggalkan Balasan