Markas Komando Polisi Pariwisata Danau Toba diresmikan

etabloidfbi.com – Toba.

Mendukung KSPN Kawasan Strategi Pariwisata Nasional di Danau Toba sebagai destinasi wisata super prioritas, Kapolda Sumut Irjen pol RZ Panca Putra Simanjuntak meresmikan kantor Polisi Pariwisata Danau Toba di Desa Pardomuan Kec. Ajibata, Kab. Toba, Senin (12/04/2021).

Kantor Polisi Pariwisata Danau Toba yang juga kantor Polisi Subsektor Ajibata Pos pembantu Polsek Lumban Julu di daulat sebagai Makopol Pariwisata sekawasan Danau Toba yang meliputi 7 Kabupaten, dan didukung penuh oleh Polisi Perairan.

Dalam laporan Dirpamobvit Poldasu Kombes Ferdinand Pasaribu menyampaikan tujuan pembentukan Makopol Pariwisata Danau Toba ini sebagai peningkatan pelayanan kepolisian pada sektor pariwisata.

“Kepolisian lebih mendekatkan diri kepada masyarakat agar warga dan pengunjung dapat nyaman dan aman saat berada di kawasan Danau Toba,” Lapornya

Dia juga berharap agar kepada petugas Polisi Pariwisata nantinya dapat melakukan kolaborasi antara stakeholder kepariwisataan seperti BPODT, Dinas Pariwisata sekawasan Danau Toba, dan melakukan supervisi terhadap Polres sekawasan Danau Toba.

Bupati Toba Poltak Sitorus sebagai salah seorang yang di daulat menyampaikan sambutan dari tujuh Bupati yang hadir mengatakan pariwisata harus bisa mengembalikan fungsi Danau Toba sebagai taman dunia dan juga sebagai Pembangkit listrik tenaga air di Siguragura Asahan, sekaligus berterimakasih kepada para warga yang telah membantu mensukseskan pembangunan kantor Polisi Pariwisata ini

“Kita berterimakasih kepada warga yang telah menghibahkan lahan Kantor Polisi ini dan kepada sponsor yang telah membantu tercapainya pembangunan ini,” Sebutnya.

Maka dengan adanya Kantor Polisi ini diharapkan makin terjaminnya keamanan masyarakat dan warga semakin taat serta menghindari pelanggaran hukum sekaligus bisa lebih dekat mendapat pengayoman dan pelayanan oleh Polri, sehingga masyarakat sekawasan Danau Toba semakin sukses dan sejahtera dalam bidang pariwisata.

Pada kesempatan itu Bupati Toba Poltak Sitorus juga meminta pengamanan dan penertiban terhadap jari apung (keramba) di kawasan perairan Danau Toba agar Danau Toba terwujud sebagai daerah destinasi wisata dan taman dunia.

Selanjutnya Kapolda Sumut Irjen Panca Simanjuntak juga
berterimakasih kepada seluruh stakeholder yang telah berpartisipasi dalam pembangunan Mako Polisi Pariwisata Danau Toba.

“Kita berkomitmen memberikan rasa aman kepada masyarakat dalam mendukung pemerintah menjadikan Danau Toba sebagai destinasi pariwisata super prioritas, sekaligus mendukung dan menindak lanjuti komitmen Kapolri menjadikan Polisi yang Presisi, dan diharapkan kunjungan wisatawan meningkat dengan adanya kenyamanan dalam pelayanan dan pengamanan oleh Polri.” ungkap Kapolda Panca.

Kapolda juga menghimbau kepada Polairud dan Polisi Pariwisata
harus mampu membangun kerjasama kepada seluruh stakeholder agar terjalin kemitraan dalam pelayanan dan pengamanan di tengah masyarakat untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Dia juga mengatakan kedepan bekerjasama dengan BPODT dikawasan Caldera Nomadic Escape Sibisa akan dibangun Pos Polisi Pariwisata bersama TNI Polri dalam melakukan pengamanan untuk memberi kenyamanan kepada pengunjung.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi senada dengan Kapolda mengatakan Danau Toba yang merupakan surga dunia adalah milik masyarakat dunia sehingga ditetapkan sebagai destinasi wisata super prioritas maka di bangun satu pos sebagai fasilitas untuk memberikan rasa aman dan nyaman dalam bidang kepariwisataan.

Kadis Pariwisata Provinsi Sumatera Utara dr Ria Novida Telaumbanua mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi dukungan Kapolda Sumatera Utara dalam bidang kepariwisataan Sumatera Utara.

“Luar biasa dan hebat, kita perlu apresiasi Pak Kapolda dan seluruh jajarannya, karena keamanan dan kenyamanan wisatawan sangat kita butuhkan, maka setelah pandemi ini secara keseluruhan pariwisata dibuka maka dengan ini Sumatera Utara sudah siap melakukan semua kegiatan kepariwisataan yang sudah di rencanakan, karena Pak Polisi telah menjamin kenyamanan dan keamanan kegiatan kepariwisataan .” Ujar Ria.

Ria juga mengatakan ini merupakan terobosan awal yang baru bagi pariwisata Danau Toba.

Peresmian kantor Polisi Pariwisata ini dihadiri langsung oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi,
Pangdam diwakili Kasdam I BB, Perwakilan dari Lantamal I Belawan,
Kasatpolairud, mewakili Dirut BPODT, Kadis Pariwisata Sumatera Utara, Kepala BNPB Sumut, dan Bupati serta Kapolres sekawasan Danau Toba. (Feri)

Tinggalkan Balasan