LSM Topan RI Kota Tangerang Akan Laporkan Pengusaha Yang Enggan Mengurus IMB Ke Penegak Hukum

Kota Tangerang, TFBI. —

Lembaga swadaya masyarakat(LSM Topan RI) akan laporkan pengusaha yang tidak mengurus Ijin mendirikan Banguna (IMB) ke penegak hukum.

Pasalnya dari laporan masyarakat salah satu bangunan tower pemancar milik Protalindo yang terletak di Rt01/Rw08 Poris Gaga lama kec.Batu ceper Kota Tangerang tidak mempunyai ijin, tapi sudah berdiri tegak sempurna di lahan salah satu masyarakat.(14/02/2020).

Dari keterangan dinas tata ruang kota Tangerang, saat di konfirmasi awak media baru baru ini, kalau peruntukan nya tidak ada yang salah, tetapi pihak perusahaan nya yang ogah ogahan, mengurus IMB nya.

IMB atau biasa di kenal ijin mendirikan bangunan, adalah yang diberikan kepala daerah kepada pemilik bangunan untuk membangun baru, mengubah,memperluas,mengurangi,dan/atau merawat bangunan sesuai dengan persyaratan administrasi dan teknis yang berlaku, sehingga tercipta ketertiban, keamanan,keselamatan,kenyamanan,sekaligus kepastian hukum yang diatur pada pasal 5 ayat 1 perda 7 tahun 2009.

Baca Juga :

“Jimmi Simanjuntak, SH. Dari TOPAN RI ( TEAM OPERASIONAL PENYELAMATAN ASET NEGARA)kota Tangerang menyampaikan. “Kita akan melaporkan perihal kesengajaan ini atau kelalaian tersebut kepada penegak hukum, karena ini jelas jelas sebuah unsur kesengajaan. Bila di tinjau dari peruntukan nya, sudah sesuai tetapi kenapa pihak pengelola tidak mengurus IMB nya, ujarnya.

“Jimmi menambahkan, jelas jelas sudah diatur oleh pemerintah daerah, di Undang Undang no.28 tahun 2002,serta UU no26 tahun 2007, dan PP no 36 tahun 2005 tentang peraturan pelaksana undang undang no 28 tahun 2002 tentang bangunan, untuk itu kami tidak segan segan untuk melaporkan nya, karena adanya indikasi menghilangkan Pendapatan Asli Daerah(PAD). tutup nya.

Sementara itu saat di konfirmasi ke satuan polisi pamong praja kota Tangerang, tentang penegakan perdanya, “Gufron, kami akan secepatnya lakukan kordinasi dengan beberapa dinas terkait untuk di buatkan rekomendasi terkait cara penindakan nya, dan kalau memang informasi tersebut terbukti kami akan lakukan penindakan dengan cara menyegel bangunan tower tersebut, ujarnya diruang kerjanya.(12/02/2020).

(Sabar Manahan)

Tinggalkan Balasan