“Latihan pengamanan Pilkada tahun 2020 oleh pangkalan TNI AL Ketapang”

etabloidfbi.com Ketapang.- Kalbar,

Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ketapang akan digelar dalam hitungan beberapa hari lagi membuat banyak instansi atau institusi keamanan bersiap siap menghadapi dan mengantisipasi situasi jelang Pemilukada serentak diseluruh Indonesia yang juga diilaksanakan masih dalam suasana pandemi Covid-19.

Latihan pengamanan pilkada yang di laksanakan oleh TNI-AL di Wilayah kerja Pangkalan TNI AL Ketapang adalah salah satu bentuk dan wujud Sinergitas TNI-POLRI yang sangat terlihat dalam upacara pembukaan pelatihan pengamanan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Ketapang pada Senin (16/11/2020) dihalaman Mako Lanal Ketapang yang beralamat di Desa Mekar Utama Kecamatan Kendawangan.

Upacara pembukaan latihan pengamanan Pilkada ini dibuka langsung oleh Danlanal Ketapang Letkol Laut (P) Abdul Rajab B.A, M.Tr. Hanla.

Dalam arahannya didepan peserta pelatihan pengamanan Pilkada yang dilaksanakan Markas Komando Lanal Ketapang dan didukung oleh Kodim 1203 Ketapang serta Polres Ketapang, Danlanal Ketapang menyampaikan bahwa tantangan Pelaksanaan Pikada Tahun 2020 lebih berat karena dilaksanakan dalam kondisi pandemi Covid-19 yang melanda Masyarakat, namun tantangan tersebut harus dapat diatasi dalam pelaksanaan Pilkada saat ini sehingga pesta demokrasi yang puncak pencoblosannya akan digelar pada tanggal 9 Desember 2020 dapat berjalan aman, tertib dan tidak menimbulkan cluster Covid 19 baru di wilayah Ketapang.

Pengaman pilkada oleh TNI AL sesuai dengan amanah Undang undang TNI No 34 tahun 2004 serta didukung adanya nota kesepahaman antara TNI dan Polri pada tanggal 23 Januari 2018 tentang perbantuan TNI kepada Polri dalam rangka memelihara kemanan dan ketertiban masyarakat, TNI akan membantu Polri dalam mewujudkan Kamtibmas. Kegiatan ini juga diselenggaeakan dalam rangka mengantisipasi suatu ancaman dan gangguan dalam Pilkada di Kab. Ketapang serta meningkatkan kemampuan prajurit agar memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi dalam tugas sehingga tidak ragu ragu serta tidak salah dalam mengambil tindakan.

Dalam pelaksanaan tugas sebagai bagian dari Satgas penindakan dan pencegahan penyebaran COVID-19 TNI-Polri juga tetap mematuhi protokol kesehatan dalam mengamankan pesta demokrasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ketapang, tujuan kegiatan latihan, tujuan kegiatan latihan adalah Sebagai pedoman penyelenggaraan Latihan Pengamanan Pemilihan Umum Kepala Daerah di Kabupaten Ketapang TA 2020 agar berjalan lancar serta mencapai sasaran secara optimal.

Latihan tersebut akan dilaksanakan selama 5 hari adapun kegiatan yang dilaksanakan terdiri dari kegiatan pembekalan secara teori yang disampaikan oleh pihak KPU, Bawaslu Kabupaten, TNI-Polri serta dilaksanakan driil latihan penanggulangan Huru hara oleh prajurit TNI-AL serta TNI dan Polri. TNI AL Ketapang dalam kegiatan Pilkada di Kab. Ketapang siap menyiagakan sarana Kapal Patroli yang digunakan untuk pergeseran Logistik dan pengamanan di wilayah kerja Lanal Ketapang.(sy Mohsin)

Tinggalkan Balasan