Kormi Kalbar Dukung Program Pemerintah Menuju Indonesia Bugar 2020-2045

etabloidfbi.com, Singkawang.- Kalbar

Komite Olah raga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kalimantan Barat yang sebelumnya bernama Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) merupakan organisasi keolahragaan masyarakat Indonesia yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang No 3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional,.

KORMI merupakan organisasi yang mandiri dan merupakan wadah berhimpun organisasi induk olah raga masyarakat Indonesia, yang juga merupakan mitra strategis pemerintah dalam mendukung program pemerintah membudayakan, membugarkan, mengolah ragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga, untuk menuju Indonesia Bugar 2020-2045.

Selain telah membentuk KORMI di 7 Kab/Kota di Kalbar, KORMI juga menaungi 17 induk olah raga masyarakat di Kalimantan Barat antara lain : Induk Olahraga Airsoft Brotherhood Unity (ABU) Kalbar,Induk Olahraga Indonesia Elektronik Sport Association (IESPA) Kalbar,Induk Olahraga Federasi Airsoft Indonesia (FAI) Prov.Kalbar,

Kemudian Induk Olahraga Persatuan Streat Soccoer Indonesia (PERSSOCI) Kalbar,Induk Olahraga Parkour Indonesia (PI) Kalbar,Induk Olahraga Asosiasi BMX Indonesia (ABI) Kalbar, Induk Olahraga Senam Tera Indonesia (STI) Kalbar,Induk Olahraga Perkumpulan Olahraga Senam Massal Indonesia (POSMI) Kalbar,Induk Olahraga Yayasan Jantung Sehat Indonesia (YJI) Kalbar.

Dan Kebugaran Lansia Pralansia Indonesia (KLPI) Kalbar,Induk Olahraga Indonesia Cheear leading Association / Asosiasi Pemandu Sorak Indonesia (ICA/APSI) Kalbar,Induk Olahraga Perkumpulan Olahraga Tradisional Indonesia (PORTINA) Kalbar,Induk Olahraga Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) Kalbar,Induk Olahraga Ikatan Olahraga Senam Kreasi Indonesia (IOSKI) Kalbar,Induk Olahraga Persatuan Liong dan Barongsai Seluruh Indonesia (PLBSI) Kalbar,Induk Olahraga Federasi Olah raga Kreasi Budaya Indonesia (FOKBI) Kalbar,Asosiasi Perguruan Pencak Silat Budaya Indonesia (APPBSI) Kalbar.

KORMI Kalbar yang dipimpin oleh Ketua Umum KORMI Kalbar Adiyudha Permana, M.OR beraudiensi kepada Wakil Gubernur Kalbar Bapak Drs. H. Ria Norsan, MM, MH dengan membawa agenda Rapat Kerja KORMI Provinsi Kalbar II yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 Oktober 2021 mendatang di Kota Singkawang.

Audiensi dimaksudkan untuk memperoleh arahan dan dukungan terkait pelaksanaan Rakerprov KORMI II dan juga arahan tentang kelembagaan KORMI di Kalimantan Barat.

Pada Rakerprov II KORMI Kalbar di Singkawang yang akan mengusung tema “Road To FORNAS Tahun2022 di Palembang” juga akan dibahas tentang kesiapan daerah untuk berpartisipasi dalam FORNAS 2022, terutama terkait pembiayaan dan kesiapan para penggiat Olahraga Masyarakat untuk mampu membawa nama baik Kalbar di ajang olah raga masyarakat dan kebugaran.

Lebih lanjut dijelaskan oleh Kepala Bidang Olahraga Disporapar Provinsi Kalbar Ganda Butar Butar, S.STP bahwa Pemerintah Provinsi Kalbar pada tahun 2022,mendatang berkomitmen untuk memberikan dukungan/komitmen terhadap keikutsertaan Kalbar dalam FORNAS 2022.

Hal tersebut juga disambut baik oleh H Ria Norsan Wakil Gubernur dengan memberikan penekanan terhadap komitmen Pemprov melalui penganggaran Dana Hibah tetap di tahun 2022 untuk menunjang keberlangsungan organisasi KORMI di Kalbar.

Selanjutnya, arahan Wakil Gubernur Kalbar agar kedepannya KORMI mampu mencetak prestasi dalam dunia olahraga, khususnya olah raga masyarakat serta mampu mengembangkan dan meningkatkan kapasitas organisasi baik secara kelembagaan maupun kepengurusan baik di level Provinsi maupun Kab/Kota.

Selaini itu, program kerja KORMI diharapkan juga dapat terus bersinergi dengan Pemerintah Daerah, dalam hal ini Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Barat.(Sy Mohsin)

Tinggalkan Balasan