KOMANDAN LANTAMAL XII LAKSAMANA PERTAMA TNI SUHARTO MENINJAU POSAL PALOH DAN POSAL TEMAJUK KAB. SAMBAS KALBAR.

etabloidfbi.com, Pontianak. –

Komandan Pangkalan Utama TNI AL XII (Danlantamal) XII, Laksamana Pertama TNI Suharto, yang didampingi Pejabat Utama Lantamal XII yang tergabung dalam rombongan kunjungan kerja Danlantamal XII guna meninjau Posal dan Posmat dalam jajaran Lantamal XII, dibagian utara wilayah kerja Lantamal XII, serta unsur Forkopimda Kab/Kota Kalbar. Rabu (16/02/2022).

Pada hari pertama, Senin (14/02) Komandan Lantamal XII, beserta Pejabat Utama Lantamal XII yang mendampingi, telah meninjau beberapa Satuan Jajaran Lantamal XII yaitu Posmat Mempawah, Mako Yonmarhanlan XII “Jaguar Yudha Khatulistiwa”di Mempawah, Pelabuhan Internasional Kijing, Posmat Bengkayang Kota Singkawang, dan Posmat Pemangkat Kab. Sambas.

Kemudian pada hari kedua, Selasa (15/02), Pukul 11.33 s.d 13.04 Wib, Komandan Lanlantamal XII beserta rombongan melaksanakan kunjungan kerja di Posal Paloh Desa Sebubus, Kec. Paloh Kab. Sambas disambut Danposal Paloh Peltu Ttg Togianto. Danposal Paloh menyampaikan beberapa permasalahan yang dihadapi antara lain tentang lahan yang diHibahkan oleh masyarakat kepada TNI AL pada tahun 2017 dimana letaknya berada disamping bangunan Posal Paloh, data awal sesuai SKT luas tanah mencapai 6900 m² setelah dilakukan pendataan oleh BPN Kab. Sambas ternyata luasnya berkurang menjadi 3000 m². Selain itu juga sehubungan dengan masalah masyarakat nelayan yang ada di Paloh yakni ketinggian air laut di Alur Muara tepat berada di depan Posal hanya mencapai 4-8 meter dan ini ketinggian pada saat air pasang tertinggi sehingga kapal-kapal jarang ada yang beraktifitas dimuara tersebut.

Mengenai lahan yang di Hibahkan ke Lantamal XII tersebut silahkan langsung ditindaklanjuti dengan berkoordinasi dengan BPN agar segera diterbitkan surat sertifikat tanahnya, sehingga permasalahan ini dapat segera terselesaikan dan tetap semangat menjalankan tugas di Posal Paloh sesuaikan dengan fungsi yaitu Bhabinpotmar, Demikian tanggapan Danlantamal XII.”

Pukul 13.05 WIB, Komandan beserta rombongan meninggalkan Posal Paloh, selanjutnya menuju Posal Temajuk Kab. Sambas yang jarak tempunhnya sekitar 2 jam. Tepat Pukul 15.00 Wib, Komandan Lantantamal XII beserta rombongan tiba di Posal Temajuk Kec. Paloh Kab. Sambas, disambut Sertu Rum Rizki selaku tertua di Posal Temajuk serta unsur pemerintah daerah antara lain Danramil Paloh, Kapten Arm Herlin Dinata, Kapolsubsektor Temajuk Iptu Sadoko Kasih W., dan Babinsa Desa Temajuk Sertu Dwi, serta Kasi Pemerintahan Desa Temajuk Bpk Herlin.

Selaku tertua di Posal Temajuk, Sertu Rum Rizki melaporkan bahwa sampai saat ini situasi diwilayah temajuk masih aman dan kondusif, dan hubungan sinergitas antara unsur pemerintah TNI dan Polri serta Pasukan Pamtas RI-Malaysia terjalin baik. Selain itu juga melaporkan adanya informasi masyarakat melihat adanya benda mencurigakan yang terbang pada malam hari yang jenisnya seperti drone.

Tingkatkan terus solidaritas serta sinergitas antar instansi dimana kalianlah ujung tombak pertahanan di perbatasan RI-Malaysia. Sehubungan dengan adanya informasi masyarakat melihat benda asing yang terbang, dan diindikasin sebagai Droon dihimbau kepada masyarakat jika melihat drone tersebut segera mengambil dokumentasi video agar menjadi barang bukti untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut, Demikian Pungkas Danlantamal XII.

Komandan Lantamal XII juga menjelaskan bahwa kunjungan kerja di Posal dan Posmat ini merupakan instruksi Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono untuk mengevaluasi keberadaan Posal dan Posmat dijajaran Lantamal XII apakah keberadaannya memiliki nilai strategis atau tidak. Kalau keberadaannya sangat potensial untuk Pertahanan Negara tentunya akan ditingkatkan menjadi satuan yang besar, begitu juga sebaliknya kalau tidak memiliki nilai strategis keberadaannya akan ditinjau kembali, “Demikian Tegas Danlantamal XII” (M.Zuhdi, Sy Mohsin)

Tinggalkan Balasan