KOMANDAN LANTAMAL XII BESERTA PJU LANTAMAL XII MENGIKUTI RAPIM TNI AL TAHUN 2021 SECARA VIRTUAL DARI MABES TNI AL

etabloidfbi.com Pontianak:

Komandan Lantamal XII Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman, Kamis (18/02/2021) Pukul 08.00 WIB bertempat di Ruang Rapat Satuan Kapal Patroli Lantamal XII Jeruju Jl. Komyos Sudarso No. 1, dengan didampingi Pejabat Utama Lantamal XII, antara lain Asops Lantamal XII, Kolonel Laut (P) Rizaldi, S.E., Aslog Lantamal XII, Kolonel Laut (T) Mokhamad Subur, S.T., Aspers Lantamal XII, Kolonel Laut (KH) IGN Suarsana, S.Sos,M.A.P., Asrena Lantamal XII Kolonel Laut (S) Benni Pilips, Asintel Lantamal XII, Letkol Marinir Yustinus R, M.Tr.Hanla, M.Tr (Han), dan Aspotmar Lantamal XII, diwakili oleh Kadispotmar Lantamal XII Letkol Laut (KH) Harazi, S.Ag, M.M.,
mengikuti Pelaksanaan Rapat Pimpinan TNI Angkatan Laut secara Virtual yang dipimpin langsung oleh Bapak Kasal Laksamana TNI Yudo Margono,S.E.,M.M.,secara terpusat dari Gedung Auditorium Denma Markas Besar TNI Angkatan Laut Cilangkap Jakarta dan diikuti seluruh Pimpinan Kotama TNI AL.

Rapat Pimpinan TNI AL Tahun 2021 ini bertemakan “TNI AL yang profesional, modern dan tangguh siap mendukung percepatan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa demi keutuhan NKRI”

Kepala Staf Angkatan Laut dalam paparannya menyampaikan pernyataan Presiden RI Ir. H. Joko Widodo pada Rapim TNI-Polri Tahun 2021 bahwa ”TNI-Polri selalu berada di garda terdepan dalam penanganan bencana dan krisis.” Oleh karena itu TNI-Polri hendaknya aktif mendisiplinkan Protokol Kesehatan, dan mendukung pelaksanaan Vaksinasi Massal, serta aktif mendukung iklim usaha. Selain itu menghormati dan menjunjung tinggi demokrasi serta berikan rasa keadilan kepada masyarakat, dan menjadi institusi yang semakin professional dan hendaknya setiap langkah bukan hanya untuk menyelesaikan krisis, tetapi disetiap krisis selalu ada hikmah dan peluang yang harus kita manfaatkan!

Selanjutnya Bapak Kasal, Laksamana TNI Yudo Margono,S.E.,M.M.,menyampaikan Visinya yaitu; Terwujudnya TNI Angkatan Laut yang profesional, modern dan tangguh untuk mewujudkan Indonesia yang maju dan berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong-royong. Sedangkan Misi yang disampaikan antara lain: Pertama; Mewujudkan Prajurit TNI Angkatan Laut yang profesional, tangguh dan berkarakter. Kedua: Membangun struktur kekuatan TNI Angkatan Laut dengan manajemen organisasi modern, efektif dan efisien. Ketiga; Mewujudkan Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) yang terintegrasi, memiliki tingkat kesiapan operasional yang tinggi dan menggunakan tehnologi mutakhir serta memiliki interoperability, dan Keempat: Membina kekuatan dan kesiapan operasional TNI Angkatan Laut sebagai kekuatan utama matra laut yang mampu dan tangguh dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI.

Selain menyampaikan Visi dan Misi Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono,S.E.,M.M.,mengharapkan agar tahun 2021 ini lebih baik dari pada tahun 2020. Hal ini dapat ditandai dengan, lebih banyak kapal yang beroperasi di laut, lebih banyak pesawat yang terbang, lebih banyak pasukan dan kendaraan tempur yang beroperasi, serta kedepan diharapkan agar kita lebih tanggap dan lebih cepat hadir di garis terdepan, lebih tangkas dalam menuntaskan tugas”. Demikian ungkap Kasal.

Kasal juga menambahkan beberapa penekanan yang antara lain : Dukung kebijakan pemerintah dalam bentuk kegiatan Satker TA. 2021 yang difokuskan pada Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PCPEN) serta program vaksinasi massal, dan jabarkan serta tindak lanjuti Pokok-pokok kebijakan Kasal kedalam program dan kegiatan Satker masing-masing, dan mengutamakan kesiapan operasional meliputi material, alutsista, personel pengawak yang terlatih dan kemampuan dukungan pangkalan, yang ditunjang oleh Validasi Organisasi TNI AL secara terencana sesuai skala prioritas pentahapannya. Rencanakan, laksanakan dan laporkan perkembangan kegiatan dengan penuh rasa tanggung jawab terhadap hasil capaian, dan hindari kesalahan berulang. Kemudian fokuskan penggunaan anggaran didasari prioritas TNI AL dan sikapi kebijakan refocusing anggaran, sebagai bentuk dukungan terhadap kebijakan pemerintah PCPEN, dan menyusun starategi pemenuhan dan penataan (manajemen) personel guna mendukung kesiapan operasional, serta jadikan Satdik baru TNI AL sebagai momentum untuk meningkatkan animo masyarakat yang tinggi untuk menjadi prajurit TNI AL yang profesional, tangguh dan berkarakter serta menjunjung tinggi Trisila TNI AL.( M.zuhdi )

Tinggalkan Balasan