KOMANDAN BESERTA PEJABAT UTAMA LANTAMAL XII MENGIKUTI RAPAT STAF DAN KOMANDO KOARMADA 1 TAHUN 2021

Etabloidfbi. Com Pontianak.-

Komandan Lantamal XII Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman, Jumat (19/02/2021) Pukul 08.00 WIB bertempat di Ruang Pusdalops Satuan Kapal Patroli Lantamal XII Jeruju Jl. Komyos Sudarso No. 1, dengan didampingi Pejabat Utama Lantamal XII, antara lain Wadan Lantamal XII, Kolonel Laut (P) Syamsul Rizal, S.H., M.M., Asops Lantamal XII, Kolonel Laut (P) Rizaldi, S.E., Aslog Lantamal XII, Kolonel Laut (T) Mokhamad Subur, S.T., Aspers Lantamal XII, Kolonel Laut (KH) IGN Suarsana, S.Sos,M.A.P., Asrena Lantamal XII Kolonel Laut (S) Benni Pilips, Asintel Lantamal XII, Letkol Marinir Yustinus R, M.Tr.Hanla, M.Tr (Han), dan Dansatrol Lantamal XII, Kolonel Laut (P) Saryanto, dan Ka Kuwil Lantamal XII, Letkol Laut (S) Argen Buana C. Altaran S.H., mengikuti Pengarahan Panglima Koarmada I pada acara Rapat Staf dan Komando Koarmada I Tahun 2021 secara Virtual yang dipimpin langsung oleh Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid K, S.E.,M.M.,terpusat dari Jakarta, yang diikuti Kotama jajaran Koarmada I antara lain Lantamal I Belawan, Lantamal II Padang, Lantamal III Jakarta, dan Lantamal IV Tg. Pinang serta Lantamal XII Pontianak.

Dalam pendahuluannya Pangkoarmada I, Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid K, S.E.,M.M., mengingatkan kembali arahan Panglima TNI dalam Rakor TNI beberapa waktu yang lalu yaitu mengharapkan agar TNI semakin Kuat, Solid, Profesional, dan dicintai rakyat. Siap mendukung percepatan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi serta menjaga persatuan dan kesatuan Bangsa demi keutuhan NKRI, dan merefleksikan Tugas Pokok TNI dengan terus berupaya meraih kesempatan ditengah kompetisi kekuatan besar serta terus mengembangkan konsep operasional alut sista nir- awak, dan mendukung agenda prioritas pemerintah aktif mendisiplinkan Protokol Kesehatan, dan mendukung pelaksanaan program PPKM Mikro, Vaksinasi Nasional, dan menjadi Vaksinator di lingkungan TNI, serta berperan aktif dalam penanggulangan bencana dengan cara memperkuat sistim kebencanaan, mengoptimalkan fungsi dan tugas Kogasgabpad, menyiapkan piranti lunak dan memperkuat koordinasi antar lintas sektoral serta terus menjaga stabilitas nasional. Kemudian secara terus menerus melakukan pembinaan pertahanan wilayah, mendukung dan mewujudkan iklim usaha dan investasi, serta memperkuat kemanunggalan dengan rakyat.

Pangkoarmada I, Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid K, S.E.,M.M., juga menyampaikan Pokok pokok kebijakan Bapak Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono,S.E.,M.M.,Tahun 2021 yaitu tentang Pembangunan SDM Prajurit TNI AL yang profesional, dan memenuhi standar kompetensi sesuai tugas, wewenang dan tanggunjawabnya serta memiliki karakter dan etika moral yang baik, memiliki semangat mental juang yang tinggi, dan Pokok Kebijakan tentang Kesiapan operasional khususnya kekuatan SSAT yang siap tempur dan siap dioperasikan untuk dapat digunakan dan pokok pokok Kebijakan Kasal tentang Pengembangan Kemampuan, Kekuatan TNI AL yang memiliki Kemampuan daya gerak, daya hancur dan efek gentar yang tinggi, serta pokok pokok kebijakan Kasal tentang Peningkatan Interoperabilitas Kekuatan TNI AL yang terintegrasi dalam kerangka SSAT TNI AL, serta terintegrasi dengan kekuatan Matra Darat dan Matra Udara, dalam kerangka Trimatra Terpadu.

Kemudian Pangkoarmada I, Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid K, S.E.,M.M., juga menyampaikan Evaluasi pelaksanaan tugas yang sudah dilaksanakan oleh Kotama dan Unsur Jajaran Koarmada I serta menyampaikan rencana validasi organisasi dibeberapa wilayah kerja Koarmada I.

Sebelum menutup Rapat Staf dan Komando Pangkoarmada I, Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid K, S.E.,M.M., memberikan beberapa penekanan untuk dilaksanakan semua Kotama dan jajaran dibawa Koarmada I antara lain, pertama agar mengintensifkan Tugas Pokok dan Fungsi TNI AL, dengan ,meningkatkan operasi Keamanan Laut maupun Sektor Operasi sesuai struktur dan dengan Tupoksi KRI di bawah Lantamal maupun Lanal serta tingkatkan Responsif Komando Wilayah terhadap bencana.

Kedua supaya meningkatkan pembinaan potensi maritim pada aspek komunikasi sosial dengan melaksanakan pembinaan calon calon prajurit TNI Angkatan Laut asal daerah yang dibina (Khususnya KBT/KBA) serta interoperability satuan, dan potensi maritim dengan satuan intelijen wilayah sehingga dapat mendukung tugas pokok dan fungsi Kotama dan Komando Wilayah.

Ketiga perlunya akuntabilitas penggunaan angaran lebih efektif dan efisien serta dana hibah di dukung dengan ijin dari dari Komando atas serta bagi pemegang anggaran di satuan kewrja agar lebih cermat dalam menyusun serta memverifikasi pengajuan mekanisme dan ketentuan yang berlaku, selanjutnya agar segera memacu daya serap mengingat daya serap masih rendah.

Keempat agar pelaksanakan penandatanganan Pakta Integritas setiap sertijab sampai dengan tingkat Komandan KRI, serta terus meningkatkan jam Komandan maupun pembinaan personel funsi Komando untuk meminimalkan penyalagunaan maupun pelanggaran hukum (Penjualan BBM, KDRT, dan Disersi serta penyalagunaan wewenang)

Kelima, peningkatan kemampuan profesioanlisme personel untuk melaksanakan tupoksi organisasi dengan mengefektifkan anggaran pembinaan operasi dan latihan yang telah dialokasikan serta pelaksanaan rekruitmen calon personel TNI AL.

Keenam agar mendukung kebijakan pemerintah dengan memfokuskan pada penanganan Covidd -19 dan pemulihan ekonomi nasional serta program Vaksinasi Nasional.

Ketujuh, meningkatkan fungsi APIP dalam kegiatan Pengawasan dan Pemerikssaan (Wasrik), Pengawasan dalam pengelolaan anggaran serta menindaklanjuti temuan disemua sektor, serta pendampingan dan pengawasan Zona Integritas

Demikian Rapat Staf dan Komando Koarmada I, berakhir…
#Ghora Vira Madya Jala
#Ksatria Jala Khatuliswa(Sy Mohsin)

Tinggalkan Balasan