KODIM 1508/TOBELO GELAR UPACARA MEMPERINGATI HUT TNI KE – 74

Foto , Pasukan SST Kodim 1508/Tobelo

Halut, 06/10 TFBI.–

Hut TNI ke – 74 tahun 2019 digelar Kodim 1508/Tobelo pada (05/10-2019) dalam suatu upacara, bertempat di lapangan upacara Kodim 1508/Tobelo. Tema yang diusung, ” TNI profesional kebanggaan rakyat”. Bertindak selaku inspektur upacara, Sekretaris Daerah Fredy Tjandua, S.Pt. M.Si. sementara komandan upacara, Kapten infantri Ikbal Hanafi ( Pasi Pers Kodim 1508/Tobelo).

Panglima TNI dalam amanat tertulis dibacakan Sekda Fredy Tjandua, menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh Prajurit dan PNS TNI beserta seluruh keluarga besar TNI dimanapun berada. Panglima katakan, dirinya bangga kepada seluruh jajaran prajurit dan PNS TNI yang telah menunjukkan profesionalitasnya dalam melaksanakan setiap tugas yang telah dipercayakan rakyat, bangsa dan negara. Panglima katakan, dirinya yakin keluarga dan seluruh rakyat Indonesia bangga terhadap profesionalitas TNI. Hal itu harus disyukuri sekaligus menjadi cambuk untuk bertindak lebih baik kedepan.


Panglima katakan, sebagai alat negara, tugas TNI tidak terlepas dari perubahan lingkungan strategis yang berkembang dinamis dan semakin kompleks. Seperti diketahui, perkembangan dunia telah menciptakan dimensi dan metode peperangan baru, serta kemajuan teknologi yang berguna bagi kehidupan manusia, juga membawa dampak disruptip diberbagai bidang.

Hal ini menurut Panglima telah menjadi konsep peperangan dan tidak lagi terbatas dalam suatu batas teritorial dan telah masuk keberbagai dimensi. Contohnya, perang cyber disertai perang informasi, Walaupun tidak menghancurkan, namun sangat merusak bagi kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

” Konsep-konsep ini juga mengaburkan filosofi perang konvensional dengan menggeser dimensi waktu, disebabkan perang yang terjadi di masa damai. Selain itu, potensi bencana alam yang dapat terjadi setiap saat, Serta ancaman militer dan nir militer menjadi berubah, dengan demikian TNI harus siap menghadapinya,” tandas Panglima.

Panglima menambahkan, “menghadapi kompleksitas ancaman tersebut, diperlukan postur TNI ideal yang dibangun sesuai kebijakan pertahanan negara dan disusun sesuai kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan, Dalam melaksanakan tugas pokoknya, TNI harus saling mendukung dan bersinergi dengan berbagai komponen bangsa lainnya. Beragam kekuatan yang bersatu akan menghasilkan energi luar biasa bagi kemajuan bangsa, Ungkap Panglima menambahkan.

Akhirnya Panglima tekankan “kepada seluruh prajurit dan PNS TNI yang bertugas diberbagai tempat agar perkokoh iman dan taqwah kepada Tuhan Yang Maha Esa. Serta tingkatkan solidaritas TNI, pegang teguh nilai-nilai keprajuritan serta kemanunggalan TNI dan rakyat, agar selalu menjadi pemersatu dan perekat bangsa yang bhineka tunggal ika. Selanjutnya Tingkatkan kewaspadaan, profesionalitas serta kualitas SDM dalam menghadapi tantangan tugas yang semakin kompleks serta sikapi berbagai kemajuan dengan bijak. Jadilah agen perubahan yang positif serta laksanakan setiap tugas dengan ikhlas demi kepentingan bangsa dan negara,” tutupnya.

Hadir pada upacara tersebut, Ketua DPRD Halut, Kasdim 1508/Tobelo (Mewakili Dan Dim 1508/Tobelo), Kabag Ops Polres Halut (Mewakili Kapolres Halut), Perwakilan Kejari Halut, para pimpinan OPD Pemkab Halut, para Perwira Staf Kodim 1508/ Tobelo, para Dan Ramil, para Perwira Polres Halut, Persit KCK cabang XXXI Kodim 1508/Tobelo, Warakawuri, tamu undangan. Sementara peserta upacara terdiri dari, 2 SST Anggota Kodim 1508/Tobelo, 1 SST Anggota Satgas Yonif 734/SNS, 2 SST Anggota Polres Halut, 1 SST Anggota Satpol PP, 1 Regu Bela Negara, 1 Regu Pramuka dan 1 Regu Siswa SMA. (Magda Halut).

Tinggalkan Balasan