KECAMATAN ABUNG TENGAH BERSAMA BADAN PUSAT SETATISTIK MENGADAKAN POKUS GROUP DISCUSSION DESA CANTIK

 

 

etabloidfbi.com Lampung Utara.–

 

 

Pemerintah Kecamatan Abung Tengah bersama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) mengadakan, Fokus Group Discussion (FGD) DesaCinta Statistik (DESA CANTIK) di Aula Kantor Kecamatan setempat, Kamis (04/08/22)

Turut hadir Camat Abung Tengah Kasim, S.E.,M.M. Kepala BPS Sugaryadi, S.E.,M.M. beserta jajaran. Sekretaris PMD Feri Sulistiyo, S.Sos. Danramil di Wakili Serka Arwan. Kepala Desa, Pendamping Desa Nita Nurmala, serta peserta FGD.

 

Dalam sambutannya Camat Kasim mengucapkan terimakasih Kepada Kepala BPS Kabupaten Lampung Utara Sugaryadi, S.E.,M.M. beserta jajaran yang mana telah menetapkan Desa Sribandung Kecamatan Abung Tengah sebagai Desa Cinta Statistik (DESA CANTIK).

 

Semoga Desa Sribandung yang telah di tetapkan Desa Cantik dapat di ikuti desa desa lain sehingga desa yang ada di Kecamatan Abung Tengah menjadi desa Cantik semua. Jelas Kasim.

 

Saya berharap dengan adanya Fokus Group Discussion yang dilaksanakan dari BPS Lampung Utara ini dapat di ikuti sampai selesai, sehingga desa yang yang ada di Kecamatan Abung Tengah dapat menjadi Desa Cantik seperti desa Sribandung. Tutup Kasim.

 

Dalam sambutannya Kepala BPS Lampung Utara Sugaryadi, S.E.M.M. menyampaikan Program Desa Cantik Tahun 2022 secara khusus, bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Desa/Kelurahan dalam mengidentifikasi kebutuhan data dan potensi yang dimiliki desa dalam rangka mendukung pengentasan kemiskinan.

 

 

Adapun Kriteria Desa dan Kelurahan :
1. Status Desa berdasarkan hasil Indeks Desa (ID) Tahun 2021 dengan kategori status ID yang terbanyak di Kabupaten/Kota.
2. Tingkat Pendidikan Kepala Desa/Lurah/Aparat Desa.
3. Keberadaan Komputer atau Internet di Kantor Desa/Kelurahan.
4. Memiliki Potensi Wisata atau Potensi Produk Unggulan– Dewi Cantik (Desa Wisata Cinta Statistik). Tutup Sugaryadi.

 

Dalam sambutannya Sekretaris PMD Ferri menyampaikan untuk memajukan suatu desa kita perlu data, untuk itu kita harus memahami pentingnya data desa.

 

Untuk mengetahui perkembangan Desa kita perlu data, melalui Indeks Desa Membangun (IDM) bertujuan menetapkan status kemajuan dan kemandirian desa.

 

Feri menambahkan Desa dapat diklasifikasikan menjadi lima status kemajuan dan kemandirian desa, yaitu :
1. Desa Mandiri/Desa Madya.
2. Desa Maju.
3. Desa Berkembang.
4. Desa Tertinggal.
5. Desa Sangat Tertinggal. Tutup Ferri.

 

(HIPNI )

Tinggalkan Balasan