Kapolsek Pengkadan Hadiri Pencanangan Desa Peduli Hipertensi dan Bebas Tuberkulosis (TBC)

Kapuas Hulu, TFBI. —

Kapolsek Pengkadan Polres Kapuas Hulu Ipda Jaspian menghadiri acara pencanangan Desa peduli Hipertensi dan Bebas Tuberkulosis (TBC) di balai Adat Desa Mawan, Kecamatan Pengkadan, Senin (12/8/2019).

Tampak hadir dalam acara tersebut antara lain Camat Pengkadan Tabri, S.E, M.A.P, Kapolsek Pengkadan Ipda Jaspian, Danramil Jongkong diwakili Babinsa Kecamatan Pengkadan Sertu Sumadi, Kepala Puskesmas Kecamatan Pengkadan Sudadi, Kades se-Kecamatan Pengkadan, Kader peduli Hipertensi dan bebas tuberkulosis (TBC), warga masyarakat Desa Mawan dan tamu undangan lainnya.

Pencanangan Desa peduli Hipertensi dan Bebas Tuberkulosis (TBC) tersebut dihadiri juga oleh Kadis Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu yang diwakili oleh Herberia Karosekali, SKM Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit.

Diungkapkan oleh Kepala Puskesmas Kecamatan Pengkadan, Sudadi, A.md.Kep bahwa pencanangan Desa peduli Hipertensi dan Bebas Tuberkulosis (TBC) ini bertujuan untuk mengimplementasikan serta membentuk kelompok masyarakat peduli terhadap penyakit menular seperti tuberkulosis (TBC) serta Hipertensi dan untuk menambah ilmu serta prilaku yang baik tentang penatalaksanaan penyakit menular maupun Hipertensi.

“Diharapkan ini berdampak untuk meningkatkan kesehatan masyarakat khususnya di Desa Mawan umumnya di Kecamatan Pengkadan,” ucap Sudadi.

Selanjutnya, Sudadi mengatakan bahwa penyakit menular seperti tuberkulosis dapat terdeteksi sedini mungkin dan segera mendapatkan pengobatan secara teratur dan tuntas.

“Harapannya masyarakat Kecamatan Pengkadan peduli mampu menekan penyebaran atau penularan penyakit tuberkulosis (TBC),” tambah Sudadi.

Dalam sambutannya sekaligus membuka acara pencanangan Desa peduli Hipertensi dan Bebas Tuberkulosis (TBC), Camat Pengkadan Tabri menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu yang telah menunjuk Desa Mawan, Kecamatan Pengkadan sebagai tempat pencanangan Desa peduli Hipertensi dan Bebas Tuberkulosis (TBC).

“Semoga kegiatan ini sangat bermanfaat bagi warga masyarakat di Desa Mawan khususnya dan Kecamatan Pengkadan pada umumnya, dan disamping warga masyarakat kami juga mengetahui tentang bahaya penyakit tuberkulosis (TBC) bahwa penyakit tersebut adalah penyakit yang menular, juga mengetahui bagaimana cara mencegah agar tidak terkena atau tertular penyakit tuberkulosis (TBC)”, ujar Tabri.

Disela-sela kegiatan, Kapolsek Pengkadan Ipda Jaspian yang hadir dalam acara tersebut mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan Pencanangan Desa peduli Hipertensi dan Bebas Tuberkulosis (TBC) ini, Polri khususnya Polsek Pengkadan sangat mendukung dan membantu Puskesmas Kecamatan Pengkadan untuk menyampaikan kepada masyarakat melalui Bhabinkamtibmas di masing-masing di desa binaan.

(Endipriyono)

Tinggalkan Balasan