Kapolres OKU Jamin Keamanan Unjuk Rasa Karyawan PT. Perkebunan Minanga Ogan

 

etabloidfbi.com Kab OKU. —

Kapolres OKU, AKBP Arif Ritonga, SIK MH menjadi penengah dalam mediasi atas sengketa ketenagakerjaan yang melibatkan managemen dan ratusan karyawan PT. Perkebunan Minanga Ogan. Pertemuan mediasi digelar di ruang rapat minanga room PT. Perkebunan Minanga Ogan Lubuk Batang, pada Rabu (26/08/2020).

Mediasi antara Karyawan dan Managemen PT. Minanga Ogan tersebut juga dihadiri oleh Ketua DPRD OKU Ir. H. Mardjito Bachri, MT., Kadisnaker OKU H. Ilhamuddin, SH., M.Sii., dan Kabid HI Disnaker OKU Ivan Saputra, SH. Sementara dari unsur muspika juga hadir Camat Lubuk Batang, Kapolsek Lubuk Batang, BKO Kapolsek Lengkiti, Danramil Lubuk Batang, Perwakilan petinggi Managemen PT. Minanga Ogan serta Karyawan yang tergabung dalam Serikat Pekerja Tingkat Petusahaan (SPTP) Perkebunan Minanga Ogan serta perwakilan Pimpinan Cabang Federasi Serikat Pekerja Pertanian dan Perkebunan Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSP PP KSPSI) Cabang OKU.

Inisiatif mediasi yang diambil Kapolres OKU ini dilakukan menyusul mulai tegangnya situasi dan kondisi unjuk rasa karyawan PT. Minanga Ogan di lapangan, yang mulai memanas. Massa yang berjumlah sekitar 500 an ini memaksa agar Perusahaan segera memenuhi tuntutannya.

Seperti disampaikan Kapolres OKU, bahwa unjuk rasa ini terjadi karena adanya keterlambatan pembayaran gaji karyawan di PT. Perkebunan Minanga Ogan yang sudah masuk 3 bulan juga sisa 50% THR Karyawan belum dibayar oleh Perusahaan tersebut.

β€œKami hanya mencoba untuk memfasilitasi mengamankan situasi agar tetap kondusif, terkait permasalahan perselisihan ketenagakerjaan antara karyawan dan managemen PT Minanga Ogan, yang kami inginkan terjadi situasi kekeluargaan yang aman, damai dan kondusif. Mudah-mudahan mediasi atau pertemuan ini membuahkan hasil keputusan yang baik untuk kedua belah pihak,” pinta Kapolres OKU.

Ditambahkan Kapolres OKU, bahwa dalam mediasi tersebut akhirnya seluruh pihak telah bersepakat mengambil jalan terbaik. Yakni, pihak Perusahaan akan segera melakukan pembayaran gaji dan sisa THR, yang sudah disepakati tanggal dan waktunya.

Terpisah, Firma A Rahnan Mahelu selaku ketua PC FSP PP KSPSI OKU didampingi pengurus Serikat Pekerja (SPTP) Minanga Ogan mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi tingginya kepada Kapolres OKU, AKBP Arif Ritonga SIK MH beserta seluruh jajaran Polres OKU beserta jajaran TNI, unsur Muspida OKU dan Muspika Lubuk Batang yang sangat cepat tepat dan bijaksana dalam menangani perselisihan ketenagakerjaan tersebut, sehingga situasi dan kondisi yang sempat memanas dapat diredam dan mendapatkan hasil kesepakatan yang baik.

β€œKami memberikan apresiasi serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bapak Kapolres OKU AKBP Arif Ritonga SIK MH, berserta seluruh jajarannya yang all out memberikan ruang yang seluas luasnya bagi kami dalam melakukan aksi unjuk rasa sampai ke titik perundingan sehingga kami dan kawan-kawan serikat pekerja PUK Minanga Ogan dapat melakukan perundingan dengan baik dan kondusiif, dan semoga ini menjadi kado yang terbaik untuk Kapolres OKU dan kami dari Pimpinan Cabang FSP PP KSPSI OKU berserta Pengurus beserta anggota PUK SPTP Perkebunan Minanga Ogan mengucapkan Selamat Ulang Tahun kepada Bapak Kapolres OKU AKBP Arif Ritonga SIK MH yang ke 44, semoga panjang umur, sehat selalu dan tetap dalam lindungan Allah SWT dan selalu diberikan kekuatan dalam menjalankan tugasnya,” Ucap Firma.

Hery setyanto

Tinggalkan Balasan