JALAN MENUJU TERMINAL PENUMPANG PELABUHAN TUNON TAKA NUNUKAN RUSAK PARAH, PT.PELINDO : INSYA ALLAH TAHUN INI DIASPAL..

 

etabloidfbi.com Nunukan.–

 

Terminal Penumpang Pelabuhan Tunon Taka Nunukan di Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara yang cukup megah dan bergaya moderen telah selesai pembangunannya dan sejak awal tahun lalu telah mulai difungsikan. Dengan berfungsinya Terminal Penumpang Domestik dan Internasional tersebut, tentu aktifitas di pelabuhan ini lebih lancar dan nyaman, apalagi jika berada di dalam area ruang tunggu penumpang.

Namun kondisi di luar Terminal kontras berbanding terbalik, dimana akses jalan yang menghubungkan dari jalan utama menuju pintu keluar masuk terminal belum diaspal dan jalannya baru berupa timbunan urukan dari sisa material bongkaran bangunan sebelumnya dan tambahan campuran material batu gunung hingga Kondisi jalan membuat akses menuju dan keluar masuk pintu gerbang terminal terganggu dan sangat dikeluhkan banyak warga

Keluhan Warga Nunukan diantaranya di ungkapkan Andi Irwan yang biasa di panggil Iwan atas kondisi jalan tersebut. Dari tahun lalu kita dengar,

katanya bulan 2, bulan 6 laa di perbaiki. Pernah juga kita dengar bahwa habis Pemiihan Gubernur 2020, tapi apa buktinya” ?, sampai sekarang jalan makin parah. Masyarakat yang mau menuju Terminal dan akses mutar menuju jalan lingkar Pulau Nunukan cukup susah melewatinya karena jalan berlubang dan gundukan. Kadang kami beberapa orang sesama Supir dan beberapa buruh Pelabuhan Tunon Taka bergotong royong mengambil material yang ada di sekitaran jalan tersebut untuk menimbun beberapa titik yang tergenang air dan ratakan gundukan bebatuan yang menghambat kendaraan dan pejalan kaki yang lewat,” ungkapnya.

Ditambahkan oleh Andi Irwan “Kami lakukan itu karena kasihan pengendara, baik motor maupun kendaraan mobil dan angkutan lainnnya, susah melewati jalan itu. Apalagi jika sudah hujan, beberapa pengendara roda dua sampai terjatuh, dan jika cuaca panas debunya juga kadang beterbangan di sepanjang jalan tersebut”. Katanya kepada awak media etabloidfbi.com

Andi juga menuturkan, “harusnya saat Pelindo mau mengoperasikan terminal penumpang tersebut, ya jalannya diperbaiki dulula,, kalaupun belum bisa diaspal , ya dibuat pengerasan dahululah jalannya, jangan seperti ini. Itu juga paritnya kiri kanan, galilah kiri kanan dulu untuk sementara waktu, biarnya tidak tergenang di depan pintu gerbang terminal.. Kami berharap jalan ini bisa diaspal tahun ini, 100 meteran saja ini.kenapa sampai lama baru bisa dianggarkan dan’ dibangun, kekesalan Andi Iwan ini di benarkan H.Mamma dan beberapa warga lainnnya yang ngumpul-ngumpul di salah satu warung disekitar jalan tersebut,” tambahnya lagi.

Menganggapi kekesalan warga ini,, ditemui (14/06/2021) di kantornya di jalan Tien Soeharto, General Manager (GM) PT.Pelindo VI Cabang Nunukan melalui Manager Operasinya Damsi, mengatakan

“akses jalan di sekitaran Pelabuhan Tunon Taka Nunukan merupakan tanggung jawab dari PT.Pelindo, dan itu dalam waktu dekat dari Kantor Pusat Jakarta, sudah dapat instruksi bahwa Cabang Nunukan akan memperbaiki dan mengadakan Pelelangan untuk akses jalan lingkar tembus di depan pintu gerbang Terminal Penumpang,” tuturnya.

“Tim hanya menunggu surat dari Direksi Kantor Pusat untuk pekerjaan itu. Insya Allah kalau bukan bulan ini atau bulan depan mungkin sudah ada pelelangan, itu kita anggarkan kemarin sampai 3 Milyar saja.
Lebih lanjut Damsi, mengatakan bahwa beberapa waktu lalu kita ditawarkan juga sama Pemda Nunukan,, Pemda mau membangun jalan tersebut, tapi karena tanah Pelindo,, ya, kamilah yang akan membangun dan Insya Allah tahun ini sudah dibangun jalan tersebut, imbuhnya.
Dan jika akses jalan tersebut telah rampung, maka pengaturan gerobak gerobak angkutan Buruh TKBM Tunon Taka akan kita tata dengan baik, tidak seperti selama ini yang tidak teratur dan menumpuk di sepanjang depan dan samping pintu gerbang terminal.. Kami dari PT.Pelindo mohon maaf atas keterlambatan pembangunan akses jalan ini;,”pungkasnya sebagai penutup.

(Syafaruddin)

Tinggalkan Balasan