Hotel di Kalsel,Tingkat Penghunian Kamar Merangkak Naik

etabloidfbi.com BANJARBARU.–

Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel di Kalimantan Selatan tahun 2020 ini terus mengalami peningkatan terhitung sejak 4 bulan terakhir.
Data ini terungkap saat rilis data statistik, oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kalsel, yang langsung disampaikan kepala BPS Kalsel Moh Edy Mahmud melalui virtual, Selasa (1/9) kemarin.
“Memang angkanya masih kecil jika dibandingkan tahun sebelumnya pada periode yang sama, hal ini tentu tidak lepas dari pengaruh pandemi Covid-19. Tapi terus terjadi peningkatan sejak April lalu,” ujar Edy melalui channel YouTube resmi BPS Kalsel.
Berdasarkan rincian yang dirilis oleh BPS Kalsel, TPK hotel pada bulan April lalu, berada diangka 13,29 persen, yang mana hal tersebut mengalami penurunan dibandingkan Maret yang berada diangka 37,53 persen. Atau menurun sebesar 24,24 poin.
Namun pada bulan berikutnya yakni Mei, terjadi peningkatan sebesar 3,56 poin dengan angka 16,85 persen. Demikian juga pada bulan Juni serta Juli 2020. TPK hotel terus merangkak naik yakni berada diangka 23,92 persen pada Juni, dan kemudian pada Juli sebesar 37,23 persen.
“Kenaikan antara Juni dan Juli cukup bagus, terjadi peningkatan sebesar 17,99 poin,” terangnya.
Namun disampaikan Edy, jika dibandingkan pada Juli 2019 terhadap Juli 2020 ini, TPK hotel di Kalsel mengalami penurunan sebesar 13,31 poin, yang mana pada bulan Juli 2020 berada diangka 55,22 persen.
“Meskipun belum dapat menyamai tahun sebelumnya, namun ini menunjukkan tren kenaikan setiap bulannya,” katanya.
Edy Mahmud pun berharap, dengan kondisi saat ini, perekonomian Kalsel dapat terus meningkat, meskipun masih dengan catatan yakni mematuhi aturan protokol kesehatan Covid-19 ***

Tinggalkan Balasan